Rancang Bangun Mesin Pengayak Ampas Tahu Menggunakan Sistem Rotari
pdf

Keywords

Ampas Tahu
Pengayak
Pisau
Rotari

How to Cite

Arisusilo, N. ., & RHOHMAN, F. (2021). Rancang Bangun Mesin Pengayak Ampas Tahu Menggunakan Sistem Rotari. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 289–294. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1120

Abstract

ampas tahu sangat banyak manfaat dan juga bisa sebagai lahan untuk membantu perekonomian masyarakat sehingga bisa mengurangi jumlah penduduk yang mengalam ipengangguran ampas tahu ini juga bisa di kembangkan dengan pembuatan yang lebih canggih untuk mengembangkan olahan tempe bungkil.Sehingga dalam pembuatannya harus dioptimalkan yang dapat di nikmati, tetapi pengolah ini memakan waktu yang cukup lama. Dengan pembuatan alat pengayak ampas tahu dengan sistem rotary ini akan sangat membantu mempercepat proses produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Dengan adanya desain alat ini dapat memudahkan pelaku usaha untuk mempersingkat waktu produksi dan menghemat tenaga. Desain mesin ini menggunakan motor listrik sebagai sumber penggerak, sehingga as berputar. Tenaga dari motor listrik ditransmisikan ke as melalui pulley dan vanbelt. as berputar dengan kecepatan tertentu, dengan pisau penekan dalam yang mampu menekan ampas tahu hingga halus seiring dengan berputarnya pisau.Metode perancangan mesin adalah studi pustaka dan pengamatan. Dari perancangan yang di lakukan, dihasilkan suatu mesin pengayak ampas tahu dengan sistem rotari dengan spesifikasi : kapasistas pengayakan 4,6kg/menit , motor listrik 2800rpm. Data yang di hasilkan penggunakan alat pengayak ampas tahu dengan sistem rotari lebih baik dibandingkan manual. Sehingga alat ini sangat dibutuhkan untuk proses pengayakan pada UMKM pembuatan tempe bungkil

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1120
pdf

References

Adhi, Sapto, Irawan. 2020. Terbuat dari Ampas Tahu, Ini Manfaat Tempe Gembus bagi Kesehatan. Kompas.com. 28 februari 2020.

Sateria, A., Yudo, E., Zulfitriyanto, Z., Sugiyarto, S., Melati, R., Saputra, B. E., & Naufal, I. (2019). Rancang Bangun Mesin Pengayak Pasir Untuk Meningkatkan Produktivitas Pengayakan Pasir Pada Pekerja Bangunan. Manutech : Jurnal Teknologi Manufaktur, 11(01), 8–13.

Sodik, Fajar, M. 2017. Perancangan Mesin Pemipil Jagung Dengan Metode Rotary. Universitas Muhammadiyah Malang.

Ali, Haidir., Qiram, l., Rubiono, G. Pengaruh Jumlah Ulir dan Kecepatan Putaran Terhadap unjuk Kerja Mesin Pengayak Pasir Tipe Rotari. Jurnal V-Mac, Vol.4,No.1:4-6.

Putri, Mela A., Rosmayani., Rosmita. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Saluran Distribusi Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Valuta Vol. 4 No 2.

Harli, M. 2004. Intisari Perbengkelan. Jakarta : PT. Gramedia.

Utami, Warih, Ardhini. 2015. Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan MetodeTeorema Bayes. Jurnal Manajemen Informatika, Volume 04 Nomor 01. 46-50

Rhohman, F., Anam, M.K., Pamungkas, D. 2021. Perancangan Mesin Pengepress Ampas Tahu Elektrik. Jurnal Mesin Nusantara, Vol. 4, No. 1. Teknik Mesin, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Nurwindu Arisusilo, FATKUR RHOHMAN

Downloads

Download data is not yet available.