Perancangan Sistem Penggorengan Pada Mesin Pembuat Keripik Serbaguna dengan Metode Deep Frying
pdf

Keywords

Perancangan
Penggorengan
Keripik
Deep Frying

How to Cite

Prastyo, B. A. . (2020). Perancangan Sistem Penggorengan Pada Mesin Pembuat Keripik Serbaguna dengan Metode Deep Frying. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 285–290. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.101

Abstract

Industri rumahan penghasil keripik saat ini masih banyak menggunakan metode penggorengan manual yaitu dengan tenaga manusia dan peralatan yang seadanya. Sementara kelemahan dari penggorengan manual ini adalah tidak dapat mengetahui  temperatur  penggorengan  dan tidak dapat menjaga kestabilan suhu penggorengan sehingga hal ini menyebabkan keripik tidak bisa matang secara merata dan jika suhu terlalu tinggi dapat menyebabkan keripik menjadi gosong, pekerja juga akan mudah lelah. Untuk mengatasi masalah yang terjadi, penulis merancang sistem penggoreng keripik semi otomatis yang dilengkapi dengan thermostat digital sebagai pengatur suhu penggorengan. Selain itu penggorengan disini menggunakan metode penggorengan deep frying. Hasil dari perancangan sistem penggoreng keripik semi otomatis ini adalah, kapasitas 1000 gram keripik mentah dalam sekali proses dengan wadah penggoreng yang terbuat dari bahan stainless steel dengan spesifikasi tinggi 200 mm, lebar 300 mm, panjang  400mm  dan volume wadah 18 liter. Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam  sekali  proses  adalah  10  menit.  Penggorengan   ini  juga  dilengkapi  dengan   thermostat  digital  sebagai pengatur suhu.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.101
pdf

References

Nanang, A. (2015). Jenis-Jenis Umbi-Umbian Dan Manfaatnya. (http://www.mikirbae.com /2015/06/jenis-umbi-dan-manfaatnya.html).

Syamsir, Elvira. (2015). Deep Fat Frying -Penggorengan Dalam Minyak Banyak

Steven, dan Budijono, A. 2015. Rancang Bangun Mesin Penggoreng Keripik Pasir Semi Otomatis . Jurnal Rekayasa Mesin Vol 2.

Fitriatno, I. 2015. RANCANG BANGUN SISTEM KOMPOR DENGAN KONTROL SUHU TERPROGRAM BERBASIS MIKROKONTROLER SEBAGAI PANDUAN MEMASAK. Tugas Akhir S1 Teknik Elektro Institute Teknologi Sepuluh November.

Downloads

Download data is not yet available.