SERANGGA TANAH DI HUTAN WISATA UBALAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HEWAN

Authors

  • Devi Lestari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Budhi Utami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tutut Indah Sulistiyowati Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.657

Keywords:

serangga tanah, sumber belajar, keanekaragaman hayati

Abstract

Serangga tanah memiliki beragam peranan penting di hutan. Hutan wisata kabupaten Kediri memiliki potensi keanekargaman serangga tanah. Akan tetapi pengunjung Hutan wisata Ubalan tidak mengetahui keanekaragaman serangga tanah dan peranannya. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengetahui keanekaragaman serangga tanah dan media sumber belajar bagi pengunjung untuk menjaga kelestarian serangga tanah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang dilakukan hingga tahap development (pengembangan). Instrument penelitian yang digunakan berupa angket analisis kebutuhan dan lembar validasi media, materi dan bahasa. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan dikembangkan sebuah poster sebagai media sumber belajar serangga tanah yang telah melalui tahap validasi. Hasil validasi dari ahli media memperoleh rata-rata aspek sebesar 75% dan hasil validasi dari ahli materi dan bahasa sebesar 74%, rata-rata yang diperoleh menunjukkan kriteria cukup valid sehingga poster yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media sumber belajar bagi pengunjung Hutan Wisata Ubalan Kabupaten Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The Addie Approach. New York : Springer Science.

Harahap. 2008. Analisis Semiotik pada Poster HIV/AIDS di Yayasan Pelita Ilmu. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 15-24

Hamdani, Faruq A. dan Susanti, Eka N. 2016. Media Poster sebagai Media Penyuluhan dan Pendidikan Konservasi Sumber Daya Air Masyarakat Desa Girimoyo. Prosiding Snapp 2016 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 459-464.

Prameswari, T.I. 2017. Media Pengenalan Jenis Capung (Odonata) Berbasis Konservasi di Kawasan Air Terjun Irenggolo Kabupaten Kediri. Skripsi. Program Studi pendidikan biologi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 39-60

Ristawati. 2017. Pengaruh Media PembelajaranTerhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri Sinjai. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, 6-19

Ruslan. 2009. Komposisi dan Keaneragaman Serangga Permukaan Tanah pada Habitat Hutan Homogen dan Heterogen di Pusat Pendidikan Konservasi Alam (PPKA) Bodogol,Sukabumi. Jawa Barat. VIS VITALIS. 02 (1), 43-53.

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Lestari, D. ., Utami, B. ., & Sulistiyowati, . T. I. . (2018). SERANGGA TANAH DI HUTAN WISATA UBALAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HEWAN. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 111 –. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.657