Penerapan Metode Pictorial Riddle terhadap Penguasaan Konsep Fisika Dasar Mahasiswa Teknik Sipil Unisba Blitar

Authors

  • Hazairin Nikmatul Lukma Universitas Islam Balitar
  • Deddy Setyawan Universitas Islam Balitar
  • Chosinawarotin Chosinawarotin Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.616

Keywords:

pictorial riddle, penguasaan konsep, Fisika Dasar

Abstract

Fisika Dasar merupakan mata kuliah dasar yang wajib dikuasai mahasiswa Program Studi Teknik Sipil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penerapan metode Pictorial Riddle antara sebelum dan sesudah pembelajaran. Desain penelitian adalah onegroup pretest-postest design. Hasil menunjukkan ada perbedaan pada tingkat penguasaan konsep Fisika Dasar sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode Pictorial Riddle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 52- 91.

Awal, S. Ahmad Yani, Bunga Dara Amin. 2016. Peranan Pictorial Riddle terhadap Penguasaan Konsep Fisika pada Siswa SMAN 1 Bontonompo. Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (2), 249 -266

Heryanto, I; Triwibowo T. 2018. Path Analysis menggunakan SPSS dan Excel. Bandung :Penerbit Informatika

Laili Mahmudah, Suparmi, Widha Sunarno. 2014. Pembelajaran Fisika meggunakan MetodePictorial Riddle dan Problem Solving ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis danKemampuan Analis. Jurnal Inkuiri, 3 (2), 48 – 59

Lori A Smolleck and Jacillyn Todd. 2017. The Effect of Science in Motion on Self Efficacy Beliefs Regarding Teaching Science As Inquiry. International Journal of Applied Research, 3 (1), 413 - 425.

Siti Masfuah. 2016. Pictorial Riddle melalui Pembelajaran ARCS untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2 (1), 104 - 110.

Siti Masfuah. 2016. Pictorial Riddle melalui Pembelajaran ARCS untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2 (1), 104 - 110.

Suryani, Nunuk; Achmad Setiawan; Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 47– 108.

Sutrisno; Suyadi. 2015. Desain Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 132- 157

Yusuf, Muri. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 198– 255.

Yaumi, Muhammad. 2017. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 129– 142.

Zarisa, AS. 2017. Penerapan Pembelajaran Inkuiri menggunakan Metode Pictorial Riddle pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5 (1), 1-4.

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Lukma, H. N. ., Setyawan, D. ., & Chosinawarotin, . C. (2018). Penerapan Metode Pictorial Riddle terhadap Penguasaan Konsep Fisika Dasar Mahasiswa Teknik Sipil Unisba Blitar. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 415 –. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.616