Klasifikasi Tanaman Anggrek Menggunakan Metode CNN Berbasis Web Django

Authors

  • MOCHAMMAD FEDRO FIRDAUS Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yodhi Pratama Iswoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yansyah Nurullah Ahmadi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

anggrek, klasifikasi citra, convolutional neural network

Abstract

Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dibudidayakan. Tiap genus anggrek mempunyai cara budidaya yang berbeda, sehingga para pembudidaya anggrek yang baru memulai perlu mengetahui genus dari anggrek yang akan dibudidayakannya terlebih dahulu. Namun tidak sedikit pemula yang mencoba membudidayakan anggrek tanpa ada pengetahuan dan pengalaman yang cukup, sehingga anggrek yang dibudidayakan tidak tumbuh dan berbunga dengan optimal. Citra yang dapat diklasifikasikan oleh sistem hanya citra 5 genus tanaman anggrek yang umum dibudidayakan, yaitu Cattleya, Dendrobium, Oncidium, Phalaenopsis dan Vanda. Klasifikasi citra genus tanaman anggrek menggunakan teknologi Deep Learning - Convolutional Neural Network (CNN) dapat membantu pembudidaya anggrek pemula dalam mengidentifikasi genus tanaman anggrek. Dalam penelitian ini akan dibuat sebuah model untuk klasifikasinya. Model tersebut akan diimplementasikan menggunakan framework django untuk mengupload gambar. Dataset yang digunakan pada penelitian ini didapatkan dari website github.com. Semua proses klasifikasi ini dilakukan melalui skema training dan testing, dimana tahap training menghasilkan sebuah model CNN beserta bobot (weight) yang telah diperbarui (updated), lalu tahap testing menggunakan model tersebut untuk diujikan terhadap data citra yang baru. Hasilnya bisa mengklasifikasi tanaman anggrek menggunakan model training yg sudah dilatih berupa anggrek_model.H5 yang sudah diimplementasikan di framework django dan mendapatkan hasil akurasi sebesar 99%.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Husodo, C. Lubis and Z. Rusd, "KLASIFIKASI TANAMAN ANGGREK MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK DENGAN ARSITEKTUR VGG-16," JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER, vol. 8, no. 2, pp. 253-258, 2023.

M. R. R. Allaam and A. T. Wibowo, "Klasifikasi Genus Tanaman Anggrek Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN)," e-Proceeding of Engineering, vol. 8, no. 2, pp. 3150-3179, 2021.

D. D. T. Amelia, J. Sulaksono and D. W. Widodo, "Sistem Pendeteksi Kekerasan Berbasis Cnn (Convolutional Neural Network)," PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS, vol. 2, no. 1, pp. 457-462, 2023.

D. Saputra and R. F. Aji, "ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMA WEB SERVICE REST MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL, DJANGO DAN RUBY ON RAILS UNTUK AKSES DATA DENGAN APLIKASI MOBILE," Bangkit Indonesia, vol. 2, no. VII, pp. 17-22, 2018.

J. Vicky, F. Ayu and B. Julianto, "Implementasi Pendeteksi Penyakit pada Daun Alpukat Menggunakan Metode CNN," PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS, vol. 2, no. 1, pp. 155-162, 2023.

Purwanto and Sumardi, "Perancangan Klasifikasi Tanaman Herbal Menggunakan Transfer Learning pada Algoritma Convolutional Neural Network (CNN)," JURNAL ILMIAH INFOKAM, vol. XVIII, no. 2, pp. 105-118, 2022.

J. Vicky, F. Ayu and B. Julianto, "Implementasi Pendeteksi Penyakit pada Daun Alpukat Menggunakan Metode CNN," PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS, vol. 2, no. 1, pp. 155-162, 2023.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

FIRDAUS, M. F., Pratama Iswoyo, Y., & Nurullah Ahmadi, Y. (2024). Klasifikasi Tanaman Anggrek Menggunakan Metode CNN Berbasis Web Django . Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 3(1), 394–403. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/stains/article/view/4354