Perancangan Sistem Elektronik Pajak Bumi dan Bangunan

Authors

  • Mohammad Aqil Muhaimin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ahmad Mudhofar Yusuf Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ahmad Fatkhur Rozi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4255

Keywords:

sistem, E-PBB, aplikasi, pajak

Abstract

Membayar pajak merupakan salah satu bentuk kewajiban dari warga negara yang wajib dibayarkan tiap tahun. Adapun fungsi dari pajak yaitu sebagai pendapatan negara untuk kebutuhan negara seperti pemeliharaan, dan pembangunan infrastruktur yang ada di negara ini, dan lain sebagainya. Namun sistem pembayaran pajak yang sedang berjalan saat ini masih kurang efektif. Jarak yang jauh dari instansi, lupa dikarenakan kesibukan yang padat kerap kali menjadi kendala masyarakat dalam membayar pajak. Maka dibuatlah Sistem Aplikasi E-PBB (Elektronik Pajak Bumi dan Bangunan) Berbasis Android merupakan inovasi terkini dalam perancangan dan pengelolaan perpajakan properti. Tujuan utama dari sistem ini adalah meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses pembayaran pajak oleh wajib pajak. Dengan antarmuka yang user-friendly, E-PBB dirancang untuk memudahkan interaksi wajib pajak dengan otoritas pajak. Pengguna aplikasi akan mendapatkan bukti pembayaran, melakukan pengisian saldo, melihat tenggat pembayaran pajak berikutnya dan akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi saat mendekati tenggat pembayaran pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, F. N., & Puspitasari, C. D. (2022). Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Pembangunan Dan Perdesaan Dan Perkotaan Melalui Website Simpel PBB. AGORA, 11(5), 595-608.

Siyamto, Y., & Triyanto, J. (2022). PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN BERBASIS ANDROID DI KOTA BATAM. Jurnal Desain Dan Analisis Teknologi, 1(1), 45-50.

Cahyadi, D., Atmadja, A. T., & Darmawan, N. A. S. (2023). Pengaruh Pengaruh Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) & Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Denpasar Pada Masa Pandemi COVID-19. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 14(03), 525-535.

Norhalimah, N. (2021). Strategi badan pendapatan daerah (bapenda) dalam meningkatkan pembayaran pajak bumi dan bangunan di Kabupaten Murung Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Kaulika, S. (2022). Analisis Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Audina, F. (2022). Peran pejabat pembuat akta tanah dalam proses verifikasi pembayaran BPHTB di Kota Batang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia)).

Waidah, D. F., & Tarika, L. (2022). Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Data E-Raport Dapodik Di Sd Swasta 001 Pt. Kg Meral Barat. JURNAL TIKAR, 3(1), 9-18.

Diansyah, A. R., Kinanti, I. A., & Setyawan, S. A. (2023, January). ASIST: Aplikasi Sistem Informasi Sekolah Terpadu Kabupaten Nganjuk Berbasis Android. In STAINS (SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI & SAINS) (Vol. 2, No. 1, pp. 35-42).

Trengginaz, R. B., Yusup, A., Jihad, M. R., Sunyoto, D. S., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian aplikasi pemesanan tiket kereta berbasis website menggunakan metode black box dengan teknik equivalence partitioning. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi ISSN, 2654, 3788.

Syarif, M., & Nugraha, W. (2020). Pemodelan diagram uml sistem pembayaran tunai pada transaksi e-commerce. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 4(1), 64-70.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Muhaimin, M. A., Yusuf, A. M., & Rozi, A. F. (2024). Perancangan Sistem Elektronik Pajak Bumi dan Bangunan. Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 3(1), 183–188. https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4255