APLIKASI GAME SMART QUIZ TENTANG AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE

Authors

  • Rizki Dwi Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyu Surya Wisnugraha Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tamariska Usman Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/stains.v2i1.2866

Abstract

Indonesia memiliki beragam budaya yang sangat melimpah. Kurangnya minat generasi muda terhadap budaya asli bangsa khususnya aksara jawa menjadikan sebuah budaya tersebut makin hari makin menghilang. Dimana anak-anak zaman sekarang lebih memilih menyerap budaya asing secara masif sehingga budaya asli nusantara tergeser oleh keberadaan budaya asing. Kurangnya minat seseorang terhadap budaya asli nusantara dilatarbelakangi oleh alasan bahwa belajar budaya lokal dianggap kuno sehingga tidak mengikuti tren perkembangan zaman. Sehingga penggunaan aksara jawa mulai menghilang karena sudah jarang yang masih menggemarinya. Penelitian ini menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle, dimana algoritma tersebut digunakan untuk mengacak soal sehingga soal tidak akan sama dan muncul kembali. Sumber data penelitian ini adalah melalui buku-buku dan hasil penelitian yang sudah ada tentang aksara jawa untuk memperkuat data yang ada. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah game berbasis android sebagai media belajar dan penumbuhan minat dalam mempelajari aksara jawa. Nantinya didapatkan hasil bahwa siswa menjadi lebih menguasai dan berminat terhadap aksara jawa setelah memainkan game smart quiz tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Kurniawan, R. D., Wisnugraha, W. S., & Usman, T. (2023). APLIKASI GAME SMART QUIZ TENTANG AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE. Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 2(1), 353–362. https://doi.org/10.29407/stains.v2i1.2866