Abstract
Evaluasi analisis merupakan kegiatan penilaian/ pengukuran kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran yang telah sebuah materi dalam sebuah mata pelajaran yang telah di berikan. Pembelajaran PJOK merupakan salah satu mata pelajaran yang di ajarkan di semua sekolah di tingkat sekolah dasar. Ketrampilan merupakan salah kompetensi yang harus di kuasai oleh siswa dalam mengikuti sebuah pembelajaran PJOK. Ketrampilan sendiri terdiri dari banyak materi salah satunya adalah gerak Lokomotor, gerak lokomotor adalah gerak yang di sertai dengan adanya perpindahan tempat dan terdiri dari jalan, lari, lompat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan sampel penelitian sejumlah 7 siswa kelas 2 yang terdiri dari 3 orang siswa laki- laki dan 4 orang siswa perempuan dan mengunakan nilai ambang batas/KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk mengukur tuntas dan tidak tuntas siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode nilai ambang batas /KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di dapati bahwa ada rata rata siswa termasuk dalam kategori Tuntas. Hasil ini tentunya perlu dipertahankan atau bahkan ditingkatkan dengan membuat sebuah metode pembelajaran yang sebaik mungkin/ Pengayaan dan untuk yang belum melampui nilai ambang batas sebaiknya di adakan Remidial
References
Sriwahyuniati, F. (2017). Belajar Motorik. Yogyakarta: UNY Press. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132256205/penelitian/BELAJAR%20MOTORIK%20revisi.pdf
Muhajir dan Umi Hariyani (2022). Buku panduan Guru PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://static.buku.kemendikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/PJOK-BG-KLS-II-Baru.pdf
Nurlina Ariani Hrp, Zulaini Masruro, Siti Zahara Saragih, Rosmidah Hasibuah,Siti Suharmi Simamora, Toni (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Rantauprapat : Windina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/528027-buku-ajar-belajar-dan-pembelajaran-62f6322b.pdf
Sugiyono (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta