Abstract
Penelitian ini bermula dari hambatan yang dialami oleh peserta didik untuk memahami hierarki konstitusi akibat kompleksitas dan struktur hukum yang rumit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman hierarki konstitusi pada siswa dengan menggunakan media infografis. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus melibatkan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas X Akuntansi di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri, terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis sebelum dan sesudah tindakan, serta observasi oleh guru kolaborator. Instrumen yang digunakan meliputi lembar tes tertulis dan lembar observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media infografis berhasil meningkatkan pemahaman hierarki konstitusi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri. Peningkatan ini tercermin dari kenaikan rata-rata skor siswa yang pada siklus I sebesar 76 menjadi 78 pada siklus II dan pencapaian rata-rata klasikal yang pada siklus I hanya 57% meningkat menjadi 89% di siklus II. Hasil observasi juga menunjukkan antusiasme siswa lebih tinggi saat diberikan kesempatan untuk belajar mandiri sebelum mengerjakan tes.
References
Alek. 2016. Classroom Action Research Dalam Pendidikan Bahasa: Teori, Desain, Praktik (1sted.). Tangerang Selatan: UIN Jakarta Press.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesemen Pendidikan. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Bayram, H., & Comek, A. 2009. Examining the relations between science attitudes, logical thinking ability, information literacy and academic achievement through internet assisted chemistry education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1526–1532. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.269
Charles, C. M., & Senter, G. W. 2008. Elementary Classroom Management (5thed.). Boston: Pearson.
Hidayat, S. T. 2020. Penggunaan Media Ajar Infografis Melalui Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50029
Mulyatiningsih, E & Nuryanto, A (Eds). 2015. Riset Terapan: Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Murdiono, M. 2016. Pendidikan Anti Korupsi Terintegrasi dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kejujuran di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9910
Newsom, D., & Haynes, J. 2008. Public Relations Writing: Form & Style (8thed.). Belmont, CA: Thomson Higher Education.
Pambudhi, T., Anggraini, R., Abrori, M. A., Erika, Asifin, N., & Ramadhan, I. (2023). Children are artists: supporting children’s learning identity as artists Children are artists: supporting children ’ s learning identity as artists , by Penny Hay, New York, Routledge, 2023, 200 pp., £96.00 (hardback), ISBN: 9781032347219. Education 3-13, 1–3. https://doi.org/10.1080/03004279.2023.2277914
Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, LN.2003/NO.78, TLN NO.4301, LL SETNEG : 37 HLM.
Raaihani, R. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Infografis (Canva) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54858
Ramadhan, I., Suratman, & Pristiani, Y. D. 2020. Indonesia adalah Kita. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri. http://repository.unpkediri.ac.id/1742/
Singhal, D. D. 2017. Understanding Student- Centered Learning and Philosophies of Teaching Practices. International Journal of scientific research and management, 5(02), 5123–5129. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v5i2.02
Sudjana, N. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.