PENGEMBANGAN MODEL BERMAIN INOVATIF BERBASIS SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH

Authors

  • niken PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Prastihastari Wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dema Yulianto Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pengembangan, model bermain inovatif, sumber belajar, lingkungan sekitar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bermain inovatif yang dikembangkan oleh guru bersumber lingkungan disekitar rumah. Permasalahan yang terjadi pengetahuan guru dan orangtua masih sangat minim terkait pembelajaran dengan bahan sekitar rumah. Ketergantungan dari Lembar Kerja Anak dan alat permainan dari pabrik menimbulkan pembelajaran kurang bervariasi. Rancangan kegiatan pembelajaran di Era New Normal merubah pola pikir harus kreatif dan menyenangkan efek dari kejenuhan selama pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian yang akan digunakan adalah studi pustaka, sumber utama data hasil membaca tulisan dibuku, artikel jurnal, internet yang sesuai dengan fokus yang akan diteliti. Setelah data terkumpul akan di evaluasi serta di analisis untuk mempertajam kajian konseptual yang sesuai. Analisis data di uraikan secara deskriptif untuk memudahkan menarik kesimpulan. Kesimpulan yang diharapkan adanya model bermain inovatif yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran selama dirumah yang bermakna dan menyenangkan.

References

Andini, P.P., & Lestariningrum, A,. 2018. Bermain dan Permainan. Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Prastiwi,W, Frecilia Y. 2014. Metode Studi Pustaka.

https://widuri.raharja.info/index.php?title=Metode_Studi_Pustaka

Widuri. Diakses 16 Oktober 2020

Jailani, M. 2014. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dan Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.8, No.2, 245-260.

https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/580

Rohani, G. 2015. Pengaruh Televisi (TV) Terhadap Aspek-aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. UNY: Jurnal Pendidikan Anak. Vol.4, edisi 2.

https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12355

Hasanah, U. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik melalui Permainan Tradisional bagi Anak Usia Dini. UNY: Jurnal Pendidikan Anak. Vol.5, edisi 1.

https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Nurfadilah. 2016. Perkembangan Anak Usia Dini. Ruang Guru PAUD: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20161117154925/Perkembangan-Anak-Usia-Dini

Abdullah, R. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan. Vol.12, No.2

https://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Ramawati, I. Maryani, E. Mulyana, A. 2016. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. GEA: Jurnal Pendidikan Geografi. Vol.16, No.1

https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469

https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469.g2455

Choiri, M. 2017. Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.1, No.1

https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Khanifah, dkk. 2012. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biologi Education. Vol.1, No.1

https://doi.org/10.15294/bje.v1i1.379

Munawar, dkk. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2, No. 1

https://doi.org/10.26877/paudia.v2i1%20mei.367

Sudirjo, E. 2010. Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konsep Sekolah Ramah Anak. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.2, No.1

https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2748

Muhali, M. 2019. Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. Vol. 3, No.2

https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Nurhasanah, M. 2020. Role Model Pembelajaran Sebagai Sarana Inovatif Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam. Vol.6, No.1

Hadiwiyanti, I. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Fisika Siswa Smp Dan Penerapannya Di Lingkungan Sekitar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Primayana, K. 2019. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya. Vol. 1, No.3

Fitriyani, W. 2019. Pembelajaran Inovasi Memasuki Era Pendidikan 4.0. Artikel.

http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/

Priyanto, A. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02

Downloads

Published

2020-10-31