PENGEMBANGAN MODEL BERMAIN INOVATIF BERBASIS SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH

Authors

  • Niken Ayu Septiwi Nken PG Paud UNP Kediri
  • Intan Prastihastari Wijaya Intan PG-Paud Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dema Yulianto Dema PG-Paud Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bermain inovatif yang dikembangkan oleh guru bersumber lingkungan disekitar rumah. Permasalahan yang terjadi pengetahuan guru dan orangtua masih sangat minim terkait pembelajaran dengan bahan sekitar rumah. Ketergantungan dari Lembar Kerja Anak dan alat permainan dari pabrik menimbulkan pembelajaran kurang bervariasi. Rancangan kegiatan pembelajaran di Era New Normal merubah pola pikir harus kreatif dan menyenangkan efek dari kejenuhan selama pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian yang akan digunakan adalah studi pustaka, sumber utama data hasil membaca tulisan dibuku, artikel jurnal, internet yang sesuai dengan fokus yang akan diteliti. Setelah data terkumpul akan di evaluasi serta di analisis untuk mempertajam kajian konseptual yang sesuai. Analisis data di uraikan secara deskriptif untuk memudahkan menarik kesimpulan. Kesimpulan yang diharapkan adanya model bermain inovatif yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran selama dirumah yang bermakna dan menyenangkan.

Kata Kunci: pengembangan, model bermain inovatif, sumber belajar, lingkungan

     sekitar

ABSTRACT

This study aims to determine the innovative play model developed by teachers from the environment around the house. The problem that occurs is that teachers 'and parents' knowledge is still very minimal related to learning with materials around the house. The dependence on Child Worksheets and play equipment from the factory makes learning less varied. The design of learning activities in the New Normal Era changes the mindset to be creative and the fun effects of burnout during distance learning. The research design that will be used is literature study, the main source of data on the results of reading books, journal articles, the internet in accordance with the focus to be studied. After the data is collected, it will be evaluated and analyzed to sharpen the appropriate conceptual study. The data analysis is described descriptively to make it easier to draw conclusions. The expected conclusion is that there is an innovative play model that can be developed in meaningful and fun learning at home.

Keywords: development, innovative play models, learning resources, environment

    around

References

Ardini, P.P., & Lestariningrum, A,. 2018. Bermain dan Permainan.

Prastiwi,W, Frecilia Y. 2014. Metode Studi Pustaka.

https://widuri.raharja.info/index.php?title=Metode_Studi_Pustaka

Widuri. Diakses 16 Oktober 2020

Jailani, M. 2014. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dan Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.8, No.2, 245-260. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/580

Rohani, G. 2015. Pengaruh Televisi (TV) Terhadap Aspek-aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. UNY: Jurnal Pendidikan Anak. Vol.4, edisi 2. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12355

Hasanah, U. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik melalui Permainan Tradisional bagi Anak Usia Dini. UNY: Jurnal Pendidikan Anak. Vol.5, edisi 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Nurfadilah. 2016. Perkembangan Anak Usia Dini. Ruang Guru PAUD: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20161117154925/Perkembangan-Anak-Usia-Dini

Abdullah, R. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan. Vol.12, No.2 https://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Ramawati, I. Maryani, E. Mulyana, A. 2016. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. GEA: Jurnal Pendidikan Geografi. Vol.16, No.1 https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469 https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469.g2455

Choiri, M. 2017. Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol.1, No.1 https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Khanifah, dkk. 2012. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biologi Education. Vol.1, No.1 https://doi.org/10.15294/bje.v1i1.379

Munawar, dkk. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2, No. 1 https://doi.org/10.26877/paudia.v2i1%20mei.367

Sudirjo, E. 2010. Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konsep Sekolah Ramah Anak. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.2, No.1 https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2748

Muhali, M. 2019. Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. Vol. 3, No.2 https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Nurhasanah, M. 2020. Role Model Pembelajaran Sebagai Sarana Inovatif Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam. Vol.6, No.1

Downloads

Published

2020-10-31