PENGARUH CONTENT MARKETING DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER PADA TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PRETTYWELL

Main Article Content

Erica Sri Harianti
Samari Samari
Rino Sardanto

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara content marketing dan social media influencer pada TikTok terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang membeli prooduk skincare PrettyWell melalui TikTok shop. Jumlah sampel sebanyak 30 orang, dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu metode kuantitatif kausalitas. Pengolahan data menggunakan alat SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahawa variabel content marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,035 dan variabel social media influencer juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,044. Sedangan secara simultan, content marketing dan social media influencer pada TikTok berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. 

Article Details

How to Cite
Sri Harianti, E., Samari, S., & Sardanto, R. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER PADA TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PRETTYWELL. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1), 1–7. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2018
Section
Articles

References

Akun Shopee PrettyWell.co. (2019). https://shopee.co.id/prettywell.co

Akun Tik Tok PrettyWell.co. (n.d.). 2020. https://www.tiktok.com/link/v2?aid=1988&lang=en&scene=bio_url&target=https%3A%2F%2Fmsha.ke%2Fofficialprettywell

Amalia, A. C., & Putri, G. S. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. 20(September), 51–59.

Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. 10(2).

Barus, N. B., Pangaribuan, M., Purnami, S., Bisnis, M., Niaga, A., & Medan, P. N. (2021). PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MS GLOW PADA MAHASISWA DI KOTA MEDAN. 616–626.

Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). PENGARUH REVIEW PRODUCT DAN KONTEN MARKETING PADA TIK TOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLETT WHITENING BY FELICYA ANGELISTA. 8(5), 6488–6498.

Deges, F. (2018). Quick Guide Influencer Marketing (2021 ed.). Jerman. Springer Gebler Wiesbaden. https://doi.org/https://dai.org/10.1007/978-3-658-22163-8.

Demografi Pengguna TikTok di Indonesia. (2022). Guides. https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herviani, V., Hadi, P., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2020). ANALISIS BRAND TRUST, E-WOM DAN SOSIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PIXY. 1, 1351–1363.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pe). Yogyakarta. UNITOMO PRESS.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MOTIVASI KONSUMEN PADA PRODUK FAST FASHION. 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I., Hasan, M., & Utomo, K. (2021). Perilaku Konsumen (U. Taufik & A. Abdullatif (Ed.); Pertama). Penerbit Widana Bhakti Persad Bandung.

KOMPAS.COM. (2022). Jumlah Pengguna Tik Tok. https://tekno.kompas.com/read/2022/01/03/08070077/tiktok-diprediksi-jadi-medsos-terbesar-ketiga-pada-2022?page=all#:~:text=Dalam laporannya%2C Insider Intelligence memprediksi,juta orang pada tahun 2022.&text=Angka tersebut diraih berdasarkan pertumbuhan,

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital (Philip Kotler, Hermawan Kartajaya etc.). Jakarta. (z-lib.org).pdf.

Kotler, P., & Keller. (2018). Manajemen Pemasaran (B. Sabran (Ed.); 13 ed.).Harlow. Erlangga.

Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital (Cetakan 1). Jakarta. Kita Menulis.

Miller, D. (2020). Social media marketing (Chapter 4). America.

Oswaldo, I. G. (2022). Cara Jualan dan Belanja di Tik Tok Shop. Detik.com. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6008005/cara-jualan-dan-belanja-di-tiktok-shop-bisa-langsung-dicoba?_ga=2.6430642.1831690358.1652535432-1113515518.1619068974

Quesenberry, K. A. (2019). SOCIAL MEDIA S T R AT E GY. London.

Raihan, P. D. I. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta.

Rinaldi, S. F., & Mujianto, B. (2017). METODOLOGI PENELITIAN DAN STATISTI. Jakarta.

Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING , INFLUENCER , DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ( Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang ). 11, 1–11.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.