ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK ANDALAN

Main Article Content

Ifa Bian Jayo Arbinta
Ichsannudin Ichsannudin
Sigit Ratnanto

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh signifikan harga, kualitas produk dan promosi secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian rokok Andalan di Desa Peh Kulon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah warga/masyarakat Desa Peh Kulon Kecamatan Papar yang merokok Andalan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 40 dengan menggunakan metode purposive sampling. Dianalisis dengan Regresi linier Berganda dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 23. Simpulan dari penelitian ini adalah harga berpengaruh negatif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian rokok Andalan, kualitas produk dan promosi berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian rokok Andalan. Harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian rokok Andalan di Desa Peh Kulon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Sebaiknya pihak rokok Andalan memperhatikan faktor promosi yang dalam prakteknya selalu menjadi daya tarik konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, karena faktor ini merupakan faktor yang kurang dominan.

Article Details

How to Cite
Arbinta, I. B. J., Ichsannudin, I., & Ratnanto , S. . (2021). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK ANDALAN. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1134–1142. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/1048
Section
Articles

References

Soenarso SA. Banyak perusahaan mulai pailit karena pandemi covid-19, apa kata Kadin? IndustriKontanCoId 2020.

Triatmojo D. Kemnaker: 29,4 Juta Pekerja Terdampak Pandemi Covid-19, di-PHK Hingga Dirumahkan. WwwTribunnewsCom 2021.

Bacamalang.com. Andalan Kretek Sukses Gudang Baru Luncurkan Andalan Filter. BacamalangCom 2020.

Djumena E. Dampak Pandemi Covid-19, Pemerintah Akui Daya Beli Masyarakat Melemah. MoneyKompasCom 2020.

Nitisusantro M. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Edisi Pert. Bandung: Alfabeta; 2012.

Hasan A. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service); 2013.

Muhtarom A, Syahrizal MT. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya (Studi Kasus pada Konsumen Rokok Surya di UNISLA). JPENSI J Penelit Ekon Dan Akunt 2018;3:615–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpensi.v3i1.128.

Anggraini N, Barkah Q, Hartini T. Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Produk Rabbani di Palembang. J Neraca 2020;4:26–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4176.

Wahyudi F, Sumantri BA, Ratnanto S. Analisa Kualitas Produk, Harga, dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sepakbola Specs (studi kasus pada PS. Ngronggo Putra Kota Kediri). Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2020.

Wahid AK, Ichsannudin, Ernestivita G. Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Berdasarkan Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Sepatu Ventela pada Toko Whiz Second Footwear Tulungagung. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2020.

Marwanto A. Marketing Sukses. 1st ed. Yogyakarta: Kobis; 2015.

Silfanni, Ketrin, Lani, Sari W, Adhiguna M. Pengaruh Kualitas Produk dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Produk Crude Palm Oil pada PT. Toscano Indah Pratama di Jalan Timur Baru. Aksara Public 2019;3:90–101.

Peter JP, Olson JC. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. 9th ed. Jakarta: Salemba Empat; 2014.

Tjiptono F. Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta: Andi Offset; 2015.

Kotler P, Armstrong G. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga; 2016.

Alma B. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta; 2016.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>