STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN MENGGUNAKAN GAME PETUALANGAN DIGITAL DI ERA NEW NORMAL
Keywords:
strategi pengembangan, berpikir logis, game petualanganAbstract
Permasalahan pada Era New Normal terkait kemampuan berpikir logis masih sangat minim, ini terjadi karena masih kurangnya permainan yang menyenangkan dan kreatif. Dengan berpikir logis, anak akan mampu membedakan dan mengkritisi kejadian-kejadian yang masuk akal. Banyak game digital yang masih belum bisa mengembangkan kemampuan berpikir logis. Permainan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis dengan menggunakan game petualangan digital. Rancangan kegiatan pembelajaran di Era New Normal harus menyenangkan dan kreatif dalam merubah pola pikir. Desain penelitian yang akan digunakan adalah studi pustaka, sumber utama data hasil membaca tulisan di artikel jurnal, internet, buku yang sesuai dengan fokus yang diteliti. Setelah data terkumpul akan di evaluasi dan di analisis untuk mempertajam kajian konseptual yang sesuai. Analisis data di uraikan secara deskriptif untuk menarik kesimpulan. Kesimpulan yang diharapkan adanya game petualangan digital yang menyenangkan dan kreatif untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis sebagai bekal agar anak mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam
References
Agustin, M., dkk. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, Issue 1 (2021), 334-345.
Anitah, S. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Chandra. 2018. Peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Mengembangkan Potensi dan Pembentukan Karakter Anak. http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20181121140117/Peran-Pendidikan-Anak-Usia-Dini-PAUD-Dalam-Mengembangkan-Potensi-dan-Pembentukan-Karakter-Anak.
Ruang Guru PAUD. Diakses 16 Oktober 2020.
Dianti, A. 2019. Pengembangan Buku Pop Up Science Untuk Kemampuan Berpikir Logis Anak A di RA Kusuma Mulia Pakis Kediri. Skripsi: IAIN Tulungagung
Hewi, La., & Asnawati, L., (2020). Strategi Pendidik Anak Usia dini era covid-19 dalam menumbuhkan kemampuan berfikir logis. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, Issue 1 (2021), 158-167. Kendari.
Irmaida. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-
Tahun Melalui Media Papan Flanel Di Ra Fathun Qarib Banda Aceh. Skripsi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Gunawan, F,. (2015). Aplikasi Game Petualangan bagi Anak-anak sebagai Media Pembelajaran Flora dan Fauna di Indonesia. Journal of Information and Technology. Vol. 03. No. 1. Malang. Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI).
Novitasari. Y. 2018. Analisis Permasalahan Perkembangan Kognitif
Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.2, Nomor 1, Oktober 2018.
.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Early Childhood, Vol. 2, No. 2. Juli. Jakarta.
Prastiwi,W, Frecilia Y. 2014. Metode Studi Pustaka.
https://widuri.raharja.info/index.php?title=Metode_Studi_Pustaka.
Widuri. Diakses 16 Oktober 2020
Priyanto, A. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia
Dini melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah “COPE” No.02/Tahun XVIII/November 2014.
Zakky. 2020. Pengertian Strategi Pembelajaran Secara Umum Dan
Menurut Para Ahli.
https://www.zonareferensi.com/pengertian-strategi-pembelajaran/
ZonaReferensi.com, Diakses 16 Oktober 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ulvi Nor Novitasari, dewi safitri, niken ayu saptiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.