Implementasi Pembelajaran Aspek Bahasa Selama Belajar Dari Rumah Di TK Labschool UN PGRI Kediri

Authors

  • demayulianto dema PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anik Lestariningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nur Lailiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

implementasi pembelajaran, aspek bahasa, belajar dari rumah

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran di rumah selama wabah pandemi terutama ditemukan komunikasi aspek berbahasa antara orang tua dan anak mengalami kendala. Munculnya kesalahan pemahaman dari bahasa berkomunikasi menimbulkan hasil pembelajaran kurang efektif. Tujuan penelitian ini nantinya akan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di TK Labschool UN PGRI Kediri dalam mengembangkan bahasa anak selama proses pembelajaran di rumah masih berlangsung. Metode penelitian menggunakan kulaitatif dimana teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian disini anak usia 4-5 tahun  sejumlah 12 anak yang berada di kelompok A. teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dimana triagulasi data dikumpulkan, dianalisis kemudian disimpulkan dijabarkan sesuai dengan tujuan penelitian yang hendak dicapai. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menggambarkan bahwa: 1) pelaksanan pengembangan bahasa yang dilakukan menggunakan teknik  zoom meeting home visit yang dijadwalkan, 2) penugasan aspek bahasa selama belajar dari rumah disiapkan guru kemudian dilakukan pendampingan belajar oleh orang tua, 3) guru melakukan evaluasi secara teratur dengan berkomunikasi sederhana dengan anak secara langsung dan juga melakukan wawancara dengan orang tua melalui daring maupun luring. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan implementasi pembelajaran terus dapat meningkat khususnya merancang pembelajaran aspek bahasa kolaborasi dengan orang tua sesuai tahapan perkembangan anak dengan cara bermain.

 

References

Pustaka Primer (Jurnal):

Aprinawi. I. 2017. Penggunaan media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal PAUD Vol.1, Issue 1 (2017) pp; 12-18. ISSN: 2549-8959. file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/33-61-2-PB.pdf

Adhani. N.D., Khofifah. N. & Yuanita. D. 2016. Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card Pada Anak Usia Dini di Desa Sanam Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol.3, No.2 Oktober 2016, pp; 1-75. file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/3494-8391-1-PB.pdf

Cochrane. T.,& Antonczak. L. 2015. 5. Designing Creative Learning Environments. Interaction Design and Architecture (s) Journal - IxD&A, N.24, 2015, pp. 125-144. file:///H:/24_8.pdf

Davies. D. et.al. 2013. Creative Learning Environments In Education-A systemic Literature Review. Jornal Elsevier. Doi.org/10.1016/j.tsc.2012.07.004 http://www.elsevier.com/locate/tsc

Isna. A. 2019. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. STAINU Purworejo: Jurnal Al_Athfal Vol. 2 No. 2 Desember 2019 . E-ISSN:2615-482X.

Lestariningrum. A. 2017. Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada PAUD Inklusif YBPK Semampir kecamatan Kota Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Reseach and Education) Vol.4 No.2 Januari 2017. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/viewFile

Lestariningrum. A & Wijaya. I.P. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media panggung Boneka Tangan. Nusantara of Research, Vol. 01, No. 01 Hal. 1-90 Kediri Mei 2014. http://repository.unpkediri.ac.id/68/1/Artikel%20Boneka%20Tangan.pdf

Muhibu. A. 2015. Peranan Komunikasi Orang Tua dalam meningkatkan Minat belajar Anak (Suatu Studi Di Desa Buo kec. Loloda Kab. Halmahera Barat). E-Journal “Acta Diurna” Volume IV. No.4 Tahun 2015. https://media.neliti.com/media/publications/91140-ID-peranan-komunikasi-orang-tua-dalam-menin.pdf

Buku Teks:

Andini. P.P., & Lestariningrum. A. 2018. Bermain & Permainan Anak usia Dini. Sebuah Kajian Teori dan Praktik. Nganjuk: Adjie media Nusantara; ISBN: 978-602-5605-23-9.

Lestariningrum. A. 2017. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie media Nusantara; ISBN:9 78-602-61355-4-4

.Prosiding:

Alfikalia. A. 2014. Partisipasi Orang Tua dalam Pemanfaatan teknologi Informasi: Orang tua sebagai mediator dalam penggunaan teknologi informasi. Conference Paper: https://www.researchgate.net/publication/283069163 .

Lestariningrum A., dkk. 2020. Implementasi Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19. Proseding Web-Seminar Nasional Pendidikan 13 Juni 2020 FIP Universitas Negeri Malang. ISBN: 978-602-5445-10-1

Internet:

Admin PAUD. 2020. Strategi Guru PAUD Mendukung Anak Belajar dari rumah. Ruang Guru PAUD Kemdikbud. http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20200501082139/Strategi-Guru-PAUD-Mendukung-Anak-Belajar-dari-Rumah

BBC News Indonesia. 2020. Kurikulum Darurat Covid-19 dan Membuka sekolah di Zona Kuning, kebijakan terbaru Kemendikbud di Tengah Pandemi. 7-Agustus 2020. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53691985

Ina. 2017. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. https://dosenpsikologi.com/perkembangan-bahasa-anak-usia-dini

Kemdikbud. Pusat data Informasi dan Teknologi. 2020. Panduan Belajar Dari Rumah Dengan Memanfaatkan Rumah Belajar. file:///C:/Users/user/Downloads/BUKU%20E-BOOK%20PAUD%20TERBARU/Panduan%20Pemanfaatan%20Rumah%20Belajar%20untuk%20BDR%20dengan%20menerapkan%20Model%20Pembelajaran%20Inovatif.pdf

Resnick. 2017. Defining creative play: Literature review, part 2 of 3: https://www.britishcouncil.org/programmes/creative-play/defining-creative-play-literature-review-part-2

Rezkisari. I. 2020. Belajar dari Rumah, Konsep Yang Ternyata tak Mudah. https://republika.co.id/berita/q7ds30328/belajar-dari-rumah-konsep-yang-ternyata-tak-mudah

Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020. Pedoman Pelaksanaan belajar Dari Rumah Selama darurat Bencana Covid-19 di Indonesia. Jakarta; Kemdikbud RI.

Downloads

Published

2020-10-31