Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce <p><strong>Seminar Name:</strong> National Conference on Community Engagement (NCCE)<br /><strong>Publication Name:</strong> Proceedings of the National Conference on Community Engagement<br /><strong>Theme:</strong> Efforts to Achieve Sustainable Development Goals (SDGs) through Community Service.</p> en-US sucipto@unpkediri.ac.id (Sucipto Sucipto) m.n.muzaki@unpkdr.ac.id (Muhammad Najibulloh Muzaki) Mon, 10 Jun 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Upaya Pengembangan dan Pelestarian Budaya Karawitan di Kelurahan Betet melalui Pelatihan dan Workshop Kesenian Karawitan https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4876 <p>Dalam era modern saat ini, kesenian tradisional semakin terpinggirkan oleh kemajuan zaman, termasuk seni karawitan. Namun, untuk menjaga keberlangsungan budaya tradisional, penting bagi kita untuk mengembangkan dan melestarikan seni karawitan. Selain itu, seni karawitan memiliki potensi untuk memberikan nilai-nilai positif kepada masyarakat, seperti memperkuat rasa sosial. Melalui program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT kelompok 34, diharapkan dapat dilakukan upaya pengembangan dan pelestarian budaya karawitan di Kelurahan Betet. Dalam program pengabdian masyarakat ini, &nbsp;dosen&nbsp; dan&nbsp; mahasiswa &nbsp;dari UNP &nbsp;Kediri terlibat secara langsung dengan&nbsp; masyarakat, komunitas, dan UKM. Pendekatan yang digunakan mencakup penyelenggaraan pelatihan dan workshop tentang pengembangan seni karawitan. Metode yang diterapkan meliputi <em>observasi</em>, survei, pelatihan, dan praktik. Partisipasi langsung masyarakat menjadikan mereka sebagai subjek dan objek dalam upaya ini. Hasil &nbsp;dan &nbsp;dampak &nbsp;dapat &nbsp;dirasakan &nbsp;langsung &nbsp;oleh &nbsp;masyarakat, &nbsp;terutama &nbsp;dalam&nbsp; peningkatan &nbsp;kualitas sumber daya manusia dan menambah wawasan akan kesenian tradisional. Program ini mendorong kerjasama yang kuat antara akademisi, masyarakat, dan pemerintah untuk menjaga dan memperkaya warisan budaya kita.</p> Dias Nur Ramadhan, Natael Tiara Adinda Harell Putri, Maria Alfina Christabell, Boby Mandala Putra, Nindya Laksmita Sari, Muhammad Fahmi Zakaria, Rizky Handayani, Ainun Usnaini, Ilhamsar Fadli Yusuf, Amanda Jeanrani Dyah P.S, Alfian Achmad Nuryanto, Khoirotul Binti Saniah, Vanessa Dhiar Destiana Dewi, Wahyu Puji Pebrianti, Vebryolani Dyska Diwanty, Muhammad Ikhbal Rokhmad, Putri Dwijayanti, Virginia Diah Kurniawati, Monicha Sari, Dimas Putra Al Diansyah, Lexia Ifani, Fanesa Putra Adri Kusuma, Reo Prasetiyo Herpandika Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4876 Mon, 15 Jul 2024 00:00:00 +0700 Inovasi Pengembangan Pemasaran Susu Kambing Etawa di Kelurahan Bangsal Kota Kediri https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4878 <p>Kelurahan Bangsal memiliki banyak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang <br>berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk khas desa, salah satunya adalah Elar Farm yang <br>merupakan UMKM yang memproduksi susu etawa. Produk tersebut banyak diminati oleh masyarakat <br>sekitar dan harapannya bisa dipasarkan hingga skala Nasional. KKN-T Kelompok 36 Universitas <br>Nusantara PGRI Kediri berupaya untuk menginovasi pengembangan pemasaran UMKM Elar Farm ini <br>dengan cara pembaruan desain pada kemasan botol, logo produk dan sosialisasi prosedur pemerahan susu <br>kambing etawa yang benar agar produk yang dihasilkan lebih menarik, penjualannya meningkat, dan <br>berkualitas. Berdasarkan inovasi yang telah dilakukan menghasilkan desain kemasan botol dan logo yang <br>baru serta pelaku UMKM susu kambing etawa dapat menerapkan prosedur pemerahan susu yang benar.</p> Tis’a Sinta Nabila, Muhammad Attiqi Alghozali, Ardina Tanjungsari, Jevri Fahriszal, Arya Ahmad Fahrezi, Rachma Akmala A.A, Inka Mailana Rosyida A'la, Sella Anggraini Putri, Tika Indra Permata, Dewi Ayu Nur Rohmah, Daffa Pramesnanda Rifky, Muhammad Nafiudin, Astriana Dewi, Ilham Muji Ridho Pangestu, Arnando Johan Kusuma, Febri Wika Inzaghi, Alimudin Zaid, Ronanda Fatur Ramadhan, Ilham Syifa' Azizi, Mohammad Farid Ardian Pramana, Mochammad Reiza Fahlefi Madjid, Moch Aldy Ardiatno, Septi Novalia Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4878 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Analisis Manfaat Sosial Media Tiktok Terhap Pemasaran Kerajinan Jaranan di Kelurahan Bangsal https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4884 <p>Kelurahan Bangsal merupakan salah satu kelurahan di Kota Kediri yang memiliki potensi <br>sebagai sentra pengrajin jaranan, salah satunya adalah Angel Galeri yang merupakan pengrajin jaranan <br>barongan. Tik Tok merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform dimana pengguna bisa <br>membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai <br>pendukung. KKN-T Kelompok 36 Universitas Nusantara PGRI Kediri berupaya untuk memperbesar pasar <br>jaranan hingga skala Nasional melalu video, dengan cara edukasi pembuatan video pendek dan pemasaran <br>kepada pengrajin jaranan menggunakan media sosial Tik Tok. Metode yang dilaksanakan yaitu survey dan <br>wawancara yang diunggah melalui video youtube sebagai sarana promosi edukasi khalayak mengenai <br>pengrajin jaranan di Kelurahan Bangsal skala Nasional. Kemudian, sosialisasi pembuatan video Tik Tok <br>dengan key person yaitu “influencer jaranan” yaitu Bapak Zainal. Hasil pengabdian masyarakat ini, <br>pemasaran, pengenalan dan penjualan produk kian meningkat, diikuti followers dan viewers Tik Tok <br>Angel Galeri. Pemasaran barongan mulai dilakukan di Tik Tok shop dengan berbagai jenis dan harga <br>barongan sesuai dengan permintaan pasar. Diharapkan keberlanjutan penggunaan media social Tik Tok <br>dapat memperbesar penghasilan Angel Galeri dan turut mengedukasi masyarakat tentang “kesenian <br>jaranan” sebagai salah satu seni budaya yang harus dilestarikan.</p> Muhammad Nafiudin, Jevri Fahriszal, Ardina Tanjungsari Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4884 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Memberdayakan Potensi Umkm Andalan Kelurahan Ngletih, Kota Kediri https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4879 <p>Penelitian ini bertujuan utuk mendeskripsikan strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam memberdayakan&nbsp; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berfokus tentang strategi pemberdayaan pada 5 aspek yaitu Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, dan Pemeliharaan.&nbsp; Hal ini dilatarbelakangi &nbsp;dengan program-program beserta pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Kediri dalam mengembangkan UMKM yang ada di Kota Kediri. Setelah itu peneliti membandingkan dengan apa yang terjadi kepada pelaku usaha. Pemasaran dan pelatihan membandingkan dengan apa yang terjadi kepada pelaku usaha. Pemasaran dan pelatihan menjadi faktor utama dalam pengembangan UMKM. Selain itu pemberdayaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Kediri harus dioptimalkan dengan meningkatkan sumber daya manusia yang bersaing dan inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif yaitu memberikan gambaran atau penjelasan yang tepat secara objektif terkait keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Kediri, bahwa program-program dan pelatihan yang dijalankan sudah efektif dan bermanfaat bagi pelaku usaha</p> Dian Bunga Manuri, Chandra Iman Asrori, Mikael Tori, Rudi Ahmadi, Mohammad Fatkhur Rohman, Candra Mauliya Hanafi, Mu’fidatus Sayyidan Nadidah, Mulia Dewitasari, Ilmi Puspitasari, Winda Risma Wardani, Famelia Widya Hidayat, Septian Dwi Arinda Arinda, Nindy Irja Novitasari, Dina Sri Rahayu, Nazhilla Alta Meviyawati, Amin Thohari, Moch Alfani, David Trio Mawardi, Putri Kartika Sari, M.Galihleo Yafan Dolar Febriliant, Ahmad Ilham Aldiansyah, Fikri Ardiyansyah, Sapta Andaruisworo, Hesty Devanti Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4879 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jamur Tiram Ba’I Kelurahan Manisrenggo Kota Kediri https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4887 <p>Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian <br>Negara, dari sisi penciptaan lapangan kerja maupun dari sisi jumlah usaha. UMKM juga berperan penting <br>dalam peningkatan komoditas kecil yang nantinya berkemungknan menjadi komoditas besar sebagi pasar <br>usaha rakyat. UMKM yang ada di kelurahan Manisrenggo yang saat ini disorot adalah UMKM Jamur <br>Tiram Pak Bai. Berjalannya UMKM ini tentu tak lepas dari kendala dalam aktivutas usahannya berupa <br>belum dimilikinya pembukuan yang baik, struktur, dan pembagian tugas sehingga berdampak pada tingkat <br>produktivitas dan pemasaran peoduk yang dihasilkan. Berdasakan latar belakang tersebut maka <br>dilaksanakan kegiatan pengabdian dengan mitra pengabdian yakni UMKM Jamur Tiram Pak Bai yang <br>berada di Kelurahan Manisrenggo kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan pengabdian yang dilakukan <br>yakni pemberdayaan melalui sosialisasi manajemen UMKM Jmur Tiram Pak Bai. Hasil dari kegiatan ini <br>adalah mitra memiliki cara inovatif dalam hal promosi produknya yang kemudian juga berdampak positif <br>terhadap peningkatan produksi dan pemasaran produk yang dihasilkan. Dari kegiatan ini disimpulkan <br>bahwa permasalahan yang di hadapi mitra dapat terselesaikan setelah pelaksanaan kegiatan ini.</p> Novi Awalya Putri, Revika Yulia Citra, Aulia Nur Mahmudah, Arwienda Kayan, Aidina Ristyawan, Monica Cindy Lorenza, Yoga Henri Apriyangga, Eka Luthfi Maulana, Krisna Karisma Putri, Moch. Ghufron Ramadhani, Anton Mustiko, Hendrik Kurniyanto, Rizal Agus Sebastian, Aprilia Putri Awalanty, Arfan Maulana, Akbar Dwi Gunawan, Lidia Septyani Br Sirait, Refi Bulan Nofemale, M. Diki Mahardika, Arsy Bayu Ardiansyah, Risda Delia Nadani, Pungky Ayu Kurniasari, Larasati, Muhlishoh Husna Ulfiah Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4887 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pemanfaatan Platform Canva Untuk Pemasaran Digital Sebagai Media Promosi Produk Basefarm Burengan Kota Kediri https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4893 <p>Seiring perkembangan zaman Indonesia sudah memasuki era revolusi industri society 5.0. Kelurahan Burengan merupakan kelurahan terbaik ke-3 di Provinsi Jawa Timur. Salah satu prestasi yang dimiliki Kelurahan Burengan yakni di tahun 2023 mendapatkan penghargaan pada ajang Program Kampung Iklim (Proklim) yang berlokasi di RW 12 terdapat lahan perkebunan (BaseFarm). Lahan tersebut ditanam berbagai sayuran hidroponik. Berkebun dengan sistem hidroponik harus terus berjalan secara optimal dan dikenal dikalangan masyarakat luas terutama generasi muda. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan teknologi digital maka promosi sebuah produk akan lebih mudah. Dengan adanya digital marketing atau pemasaran secara digital akan dapat mengoptimalkan penggunaan digital dalam berbisnis secara efisien dan efektif. Metode yang digunakan dengan data kualitatif yang dimulai dari observasi, wawancara, dan pelatihan media promosi secara digital. Sehingga tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum terutama generasi muda untuk membuat media promosi digital yakni e-brosur melalui platform canva.</p> Anita Sari Wardani, Artasya Mega Pratiwi, Dhea Nur Agustin, Kharisma Sakin, Mevi Auriel Selfianing Putri, Trias Wedar Puji Marta , Deni Diah Maharani, Nadila Perwita Sari, Syarehan, Alfiroh Clarinta, Prima Sanubari, Moch. Anas Toybah, Moch. Anas Toybah, Titis Rena Ayu Mashuri, Abdul Qosim Asfiya, Achmad Faisalani, Afrizal Leonanda Pradana, Reza Yanuar Perdana, Eriyan Efrilia Anggraini, Al Dian, Anisa Putri Nastiti, Rahul Vijaya, Ahcmad Sammy Winarko, Dimas Ardhiyansyah Zakaria Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4893 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Sosialisasi Stop Bullying Di SDN Singonegaran 2 Kota Kediri https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4898 <p><span style="font-weight: 400;">Salah satu permasalahan yang tengah marak saat ini adalah kejadian </span><em><span style="font-weight: 400;">bullying </span></em><span style="font-weight: 400;">di lingkungan Sekolah&nbsp; Dasar.&nbsp; </span><em><span style="font-weight: 400;">Bullying&nbsp; </span></em><span style="font-weight: 400;">memiliki&nbsp; dampak&nbsp; negatif&nbsp; seperti&nbsp; gangguan&nbsp; fisik&nbsp; dan&nbsp; mental pada korban. Perilaku ini merupakan bentuk intimidasi yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat terhadap yang lebih lemah, dalam berbagai bentuk. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang bahaya </span><em><span style="font-weight: 400;">bullying</span></em><span style="font-weight: 400;">, konsekuensinya, serta untuk mengurangi kasus </span><em><span style="font-weight: 400;">bullying </span></em><span style="font-weight: 400;">di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan&nbsp; adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">Participatori Action Research </span></em><span style="font-weight: 400;">(PAR), dipilih karena dapat mengkombinasikan pemecahan masalah dengan memberikan&nbsp; informasi&nbsp; kepada siswa.&nbsp; Hasilnya&nbsp; menunjukkan&nbsp; bahwa&nbsp; siswa&nbsp; lebih&nbsp; menyadari keberagaman bentuk </span><em><span style="font-weight: 400;">bullying </span></em><span style="font-weight: 400;">dan peran penting siswa dalam mencegahnya di sekolah.</span></p> Adelia Eko Putri W, Ananda Puspita Kusuma W, M Nur Faisal, Emerentino Putra H, Aditya Pangestu, Yosefin Valentin Adining Pangestu, Mega Dian Sulistiyowati, Nesyadila Dyah Adista, Raul Byntana Ardianto, Fikri Arga Saputra, Amilia Nanda Putri Lestari, Puput Rustianne Febri Hadi, Aprilian Vanntino Rossy, Moh. Annas Amirulloh, Muhammad Saiful Anwar, Burhanudin, Andres Putra Handoko, Ovi Linggarsari, Mohammad Harisudin Febriyanto, Muhammad Agus Wicaksono, Tiara Nabilla Wicaksono, Windi Nur Azizah, Novy Natalia, Elsanda Merita Indrawati Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4898 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Sosialisasi Optimalisasi Usaha melalui Digital Marketing dan Aplikasi Pembukuan Digital di Kelurahan Pesantren Kota Kediri https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4896 <p>Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara perusahaan beroperasi, khususnya dalam pemasaran. Pemasaran digital menjadi kunci penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk melalui internet. Namun, banyak UMKM masih terbatas dalam menerapkan strategi pemasaran digital dan manajemen keuangan yang efektif. Artikel ini membahas kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu PKK tentang pemanfaatan media sosial dalam pengembangan UMKM dan pembukuan digital. Metode pengabdian meliputi observasi, perencanaan, pelaksanaan sosialisasi, dan evaluasi. Hasil observasi menunjukkan kesulitan ibu-ibu PKK dalam memasarkan produk dan melakukan pembukuan transaksi secara manual, sedangkan perencanaan kegiatan dilakukan untuk menyusun materi sosialisasi yang efektif. Pelaksanaan sosialisasi mendapat dukungan yang baik dari ibu-ibu PKK dan diikuti dengan antusiasme tinggi. Kesimpulan menyoroti urgensi pemahaman dan penerapan teknologi digital dalam memajukan UMKM serta perlunya dukungan berkelanjutan. Abstrak ini menekankan pentingnya penerapan digital marketing dan aplikasi pembukuan digital bagi UMKM serta perlunya pendampingan yang berkelanjutan untuk mencapai dampak yang berkelanjutan dalam pengembangan usaha</p> Nevia Cahyaning Dewi Iskandana, Niza Aulya Salsabila, Sinta Apriliana, Aviathun Nisak, Adjid Azril Ananta, Mahananta Wijaya, Melly Monika Putri, Zulfiana Ayu Rahma, Teddy Restyono, Rasio Fernandis, Lutfi Nur Anggreini, Ilham Alfiantama , Ahmad Fatchur Fanani, Siti Nurkhasanah, Mochamad Widi Faturrahman, Binti Khamidatul Khoiroh, Sakiya Salma Hamida, Radial Agdy Exata, Alifian Ardyansyah, Muhammad Ando Prasetyo, Mufidh'ainun Mustaqim, Dimas Setyawan, Siti Fatimatus Zahro, Rachmad Santoso Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4896 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Pada UMKM Susu Kambing Etawa Farhana Jaya Farm https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4894 <p><span style="font-weight: 400;">Perkembangan teknologi dan komuikasi saat ini,&nbsp; telah memberikan kemajuan dan dampak signifikan terhadap kehidupan manusia. Saat ini, banyak UMKM mengubah cara mereka menjual atau memasarkan barang mereka dengan menggunakan </span><em><span style="font-weight: 400;">platform</span></em><span style="font-weight: 400;"> media sosial. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial sebagai </span><em><span style="font-weight: 400;">digital marketing </span></em><span style="font-weight: 400;">pada UMKM Susu Kambing Etawa “Farhana Jaya Farm”. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggali data secara langsung ke tempat penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah UMKM susu kambing etawa “Farhana Jaya Farm” dalam memasarkan produk menggunakan cara yang masih sederhana yaitu dengan mengupload foto produk melalui story whatsapp, memasarkan produk melalui mulut ke mulut atau </span><em><span style="font-weight: 400;">word to mouth</span></em><span style="font-weight: 400;">. Salah satu </span><em><span style="font-weight: 400;">platform</span></em><span style="font-weight: 400;"> media sosial yang digunakan oleh UMKM susu kambing etawa “Farhana Jaya Farm” adalah faceebook yang digunakan untuk bergabung sebagai komunitas “kambing etawa”.</span></p> Aulia Tri Nanda Dewi, Ramadhana Khoiri Putri, M. Adilla Farkhan Nurodi, Risa Halilintar, Muhammad Jallu Alfatih, Bella Margareta, Dimas Sandya Bimantoro, Mochammad Nur Alif Hidayatulloh, Faruok Ryan Hidayat, Ahmad Ali Ulan Saniq, Indriati Rahayu, Moch Aldhy Mirwha, Rindri Antini, Ahmad Mudhofar Yusuf, Amrih Bagas Pakerti, Ary Yoggyanto, Anggoro Bekti Sumarsono, Rizky Dwy Wahyuningtyas, Faris Prasetya Firmansyah, Dimas Agung Syaifurrizal, Aji Satrio Pamungkas, Emilia Putri, Enggar Vamian, Devita Hidayati Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4894 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pengembangan Kampung Keren Berbasis Website Sebagai Media Branding Dan Promosi Wisata Kampung Tani Jamsaren Kota Kediri https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4895 <p>bahwa pengembangan Kampung Keren berbasis website sebagai media branding dan promosi wisata Kampung Tani Jamsaren di Kota Kediri merupakan langkah yang penting dalam mempercepat pembangunan desa secara menyeluruh. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan website, desa-desa wisata dapat meningkatkan citra, menarik minat wisatawan, serta memberikan informasi yang dibutuhkan secara efektif. Selain itu, penerapan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa juga memberikan dorongan bagi desa-desa untuk mengembangkan potensi wisata mereka. Dengan adanya website, diharapkan desa-desa wisata dapat mencapai tujuan yang lebih baik dalam hal pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, pelestarian alam, dan pengembangan budaya.</p> Juwita Aulia Deswita Nadhila, Mafulatul Faida, Erlina Nasrinatun Nimah, Adela Putri Narinda, Alfina Wulandari, Dewi Rismayanti, Dheriska Ima Rossynanda, luna Rahma Nur Laili, Anton Wijaya, Dwi Muhamad Nurfianto, Dhika Nugroho, Anggoro Bayu Pratama, Zulfikri Barabas, Soni Setiawan, Nosi Arip Mahmudi, Muhammad Krishna Luthfi, Budi Darmawan, Fatchan Tsani Mubarok Al-Islami, Fauzi Ahmad Zulkarnain, Adi Bayu Irawan, Ifvan Ferdianto, Muhannas Abdi Wardhana, Dwi Yusuf Darmawan A.P, Patmi Kasih Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4895 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Membangun Keberlanjutan UMKM Soto Ayam di Kelurahan Tamanan Berbasis Transformasi Digital https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4886 <p>Di &nbsp;era&nbsp; teknologi &nbsp;saat ini,&nbsp; para &nbsp;pelaku UMKM &nbsp;harus bisa &nbsp;memanfaatkan &nbsp;media digital. Platform yang umum digunakan untuk kegiatan pemasaran digital adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, Tiktok. Akan tetapi masih terdapat beberapa UMKM yang belum menerapkan teknologi digital. Salah satu contoh UMKM yang perlu pelatihan dan pendampingan terkait pemasaran digital marketing adalah Kelurahan Tamanan yang berada di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Metode pelaksanaan dalam program kuliah kerja nyata tematik ini memiliki fokus utama yaitu mem-<em>branding </em>Soto Ayam Tamanan agar dapat dikenal masyarakat luas sehingga tidak hanya masyarakat Kediri saja. &nbsp;Hasil dari &nbsp;sosialisasi &nbsp;branding &nbsp;soto &nbsp;Tamanan &nbsp;dengan&nbsp; media &nbsp;sosial &nbsp;adalah masyarakat khususnya anggota Paguyuban Soto Tamanan memiliki pemahaman tentang Digital Marketing melalui media sosial yaitu Tiktok, sedangkan hasil dari pembuatan Logo adalah Paguyuban Soto Bok Ijo Tamanan memiliki Logo baru dengan desain logo yang memiliki ciri khas dari paguyuban soto bok ijo Tamanan yaitu terdapat logo gerobak dan tulisan berwarna hijau Dan hasil dari pembuatan Website soto tamanan adalah masyarakat memiliki website guna menyebarluaskan informasi melalui internet tentang letak sentra soto Tamanan, sejarah, serta informasi kontak penjual. Selain itu terdapat juga link yang mengarah ke halaman atau website khusus untuk melakukan pemesanan soto.</p> Khafidzatu Nadhila, Alivia Nabila Febriana, Putri Rizki Nurjanah, Ika Maria Daniati, Meilia Putri Sulikhah, Ah. Sulhan Fauzi , Anggun Puji Styo Ningrum, Dhelsia Sekar Ayuni, Yoga Adhitya, Yansyah Nurullah Ahmadi, Yayank Waristian Arifin, Faradita Alfa Silma, Dodi Yusuf Fran Setiyo, Tia Mei Widayanti, Yodhi Pratama Iswoyo, Muhammad Farid Wijayanto, Adinda Sefia Puteri Damayanti, Yayank Waristian Arifin, Muchammad Kamal Zacky Azhari, Faradita Alfa Silma, New Dwi Mahanani, Dodi Yusuf Fran Setiyo, Muhammad Bahrur Rozzi, Tia Mei Widayanti, Dian Ayu Tria Anggraini, Irna Bitasari, Renny Eka Dhamayanti, Lia Arina Rahmawati Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4886 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Upaya Peningkatan Strategi Pemasaran Digital Marketing Pada Penjualan Kain Tenun Ikat di Desa Bandar Kidul Melalui Media Sosial Instagram dan Tiktok https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4897 <p>Untuk memastikan strategi diterapkan seefektif mungkin, pelaku usaha harus mengidentifikasi dan menganalisis hambatan pemasaran digital untuk menilai bagaimana metode tersebut mempengaruhi penjualan produk kain tenun ikat. Teknik kualitatif digunakan bersama dengan metodologi penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan peneliti melalui wawancara. Temuan diskusi menunjukkan bahwa produk kain tenun ikat Desa Bandar Kidul terjual lebih baik ketika pemasaran digital dicoba digunakan melalui media social Instagram dan TikTok. Teknik pemasaran digital dapat memperluas jangkauan merek ke pasar internasional dan menarik pelanggan. Taktik ini meliputi media sosial, toko online, dan pembuatan konten asli. Namun ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi pelaku usaha kain tenun ikat Desa Bandar Kidul, seperti kekurangan sumber daya manusia dan kurangnya keahlian dalam mengelola platform digital.</p> Meysa Nurfadila, Fanya Putri Cahyani, Afika Dwi Rahayu, Tiyas Nur Azizah, Risna Widya Rachmalia, Haris Mahmudi, Mariska Yunitasari, Windy Damawati, Linda Dwi Mustikasari, Muhammad Daffa Ainur Rokhim, Muhammad Jauharul Amin, Dimas Agung Chahyono, Ovi Dwi Lutfiana, Hesty Dwy Wahyuning Tyas, Adinda Thalia Salsabilla, Mochammad Fedro Firdaus, Yuniswatin Nahdiyah, Ricky Agung Sumiranto, Rehan Alwi Haryanto, Reza Argo D.W, M. Fajar Wahyu U, Tanaya Bayu A, Firdanta Rizki Pratama, Deva Aprillia Hamidah Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4897 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 PENDAMPINGAN OPTIMALISASI STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN PERAN PENTING SERTIFIKASI HALAL & NIB PADA UMKM DI KELURAHAN KETAMI KOTA KEDIRI https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4899 <p>Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Di Kelurahan Ketami Kota Kediri, terdapat banyak UMKM yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Namun, banyak UMKM di sana yang masih belum optimal dalam memanfaatkan strategi digital marketing dan belum memiliki sertifikasi halal dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu UMKM di Kelurahan Ketami dalam mengoptimalkan strategi digital marketing dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya sertifikasi halal dan NIB. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam menggunakan strategi digital marketing. Selain itu, kesadaran tentang pentingnya&nbsp; sertifikasi halal dan&nbsp; NIB juga meningkat.</p> Salsabila Nida Mufidah, Tiyas Pramudita, Vira Erna Firnanda, Adaninggar Shinta Listyahapsari, Krisna Firnanda Apririo, Abriel Ladhiana Putri, Salsabila Yumni Izzati, Septa Rosdiana Putri, Dimas Prayoga, Yohanes Verdian Lucky Trisdiono, Raynata Alfis Firmansyah, Sulung Bagas, M Rizaludin Al Qurni, Ali Wafa, Zidan Maulana Saputra, Ahmad Nur Faizin, Dhavis Alvi Chandra, Rahmad Ibrahim, Alvin Ardiansyah, Ahmad Rifai, Alyantria Novita Sari, Desy Cahyaning Ati Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4899 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700 Pendampingan Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pengajuan Sertifikasi Halal Melalui Program Sehati https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4892 <p>Kelurahan Bujel memiliki potensi yang dapat dikembangkan di bidang UMKM yang masih memeliki masalah yang berkaitan dengan perizinan dan sertifikasi halal. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi tersebut agar kelurahan Bujel lebih dikenal dengan potensi unggulannya. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN-T), diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam pengalaman praktis dan keterampilan, serta bagi masyarakat dengan kontribusi positif dan memperkuat hubungan dengan perguruan tinggi. Abstrak ini merangkum permasalahan, tujuan, dan manfaat dari penelitian tersebut untuk pengembangan potensi di kelurahan Bujel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sertifikat halal yang diberikan kepada pelaku UMKM yang di harapkan dapat membantu dalam proses pengembangan UMKM sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga kelurahan bujel.</p> Dian Ayu Firnanda, Alvina Putri Damayanti, Nailusofa Al Mukhtari, Ummul Ngamalah, Alvina Imroh, Yoga Setya Adi Pradana, Muhamad Arifin, Desi Rismawati, Violien Maya Seftiana, Pramay Shella Arinda Putri, Bella Nurbuana Tri Cahya Ningrum, Annisya Indira Pratama Putri, M. Zainur Rozikin, Irfan Bahruddin Arif, Anas Tasia, Jefri Nirrochman, Widya Eko Prasasti, Wahyu Ilahi, Gatot Nanda Siswantoro, Zulva Muwahhidah, Imroatus Sangadah, Yuyun Aprilia, Danar Putra Pamungkas Copyright (c) 2024 Proceedings of The National Conference on Community Engagement https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/4892 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0700