Abstract
Bank Sampah "Ngampel Asri" di Kelurahan Ngampel, Kota Kediri, telah mengolah limbah organik rumah tangga menjadi produk Eco Enzyme yang bermanfaat sebagai pupuk cair, pembersih alami, dan antiseptik. Namun, kurangnya strategi pemasaran yang efektif membuat produk ini belum dikenal luas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi branding dan pemasaran digital guna meningkatkan daya tarik dan penetrasi pasar produk Eco Enzyme. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui observasi dan wawancara dengan pengelola bank sampah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi branding, seperti pembuatan logo, desain kemasan, serta pemanfaatan media sosial dan e-commerce, berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk. Selain itu, pelatihan pemasaran digital bagi anggota bank sampah berhasil meningkatkan keterampilan mereka dalam memasarkan produk secara online. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan masyarakat dan minat terhadap produk Eco Enzyme. Kesimpulannya, strategi branding dan pemasaran digital dapat membantu produk Eco Enzyme memiliki daya saing lebih tinggi, meskipun masih diperlukan penguatan lebih lanjut untuk memperluas jangkauan pasar dan memastikan keberlanjutannya.
References
Ananda Hadi Elyas, E. I. S. (2020). INOVASI MODEL SOSIALISASI PERAN SERTA MASYARAKAT KECAMATAN HAMPARAN PERAK DALAM PEMILU. 14, 137–149.
Arianto, B. (n.d.). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. https://www.researchgate.net/publication/377079382
Citra Kunia Dewi, Faisal Abi, Ulil Albab, Nanda Alhusna, & Rahma Aulia Nazwa. (2024). Pelatihan Strategi Branding dan Marketing Mix Produk Ecoenzym di Desa Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Kolaborasi : Jurnal Hasil Kegiatan Kolaborasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 27–35. https://doi.org/10.62383/kolaborasi.v2i3.217
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi (Agustanico Dwi Muryadi) MODEL EVALUASI PROGRAM DALAM PENELITIAN EVALUASI. 3(1).
Noneng Sumiaty. (2021). PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PELAKSANAAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN BANDUNG DI TENGAH PANDEMI COVID-19. INTELEKTIVA, 3, 56–67.
Ramadhani, M. D., Ramadhani, D. A., Oktasya, S., Timur, K. C., Selatan, K. T., Timur, K. C., & Selatan, K. T. (n.d.). PRODUKSI , PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK ECO ENZYME DENGAN MITRA PT . HERBOR CIPTA NUSANTARA.
Septiani, U., Oktavia, R., Dahlan, A., Ciputat Tim, K., Tangerang Selatan, K., Masyarakat, K., Kesehatan Masyarakat, F., Muhammadiyah Jakarta, U., & Ahmad Dahlan, J. K. (n.d.). Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website:
http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Eco Enzyme: Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Produk Serbaguna di Yayasan Khazanah Kebajikan. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Sudirjo, F., Lubis, S. R., Mersandro Permana, R., Rukmana, A. Y., & Mesra, R. (n.d.). Menuju Pemahaman yang Tepat Tentang Strategi Pemasaran: Tinjauan dan Agenda Penelitian Berbasis Bibliometrik-Mesin Terintegrasi Article Info ABSTRAK. 01(03). https://doi.org/10.58812/smb.v1.i03
Utami, A. P., & Hasibuan, A. (n.d.). ANALISIS DAMPAK LIMBAH/SAMPAH RUMAH TANGGA TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP. Cross-Border, 6(2), 1107–1112.
Wiryono, B., & Sinthia Dewi, E. (2020). PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK DI LINGKUNGAN BEBIDAS (Vol. 1, Issue 1). http://www.lintauditomo.muliply.c
Djama'an Satori ; Aan Komariah.Metodologi Penelitian Kualitatif / Prof. Dr. Djama'an Satori, Dr. Aan Komariah, M.Pd .2010

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Achmad Choirun Nasrukhin Wakhid, Siti Chotimah, Permata Valenta, Agustia Samrisa Antin Pitaloka, Moh Taufik Hidayat, Bima Lukman Hasim, Della Puspitasari, Ainun Izza Alfina, Anasya Dinda Meilani, Manik Lelibid Pujiningtyas, Mirnawati, Mohammad Syaiful Afrian, Ahmat Felmidi Ferdian, Hilmy Fauzia Bhetta, Puji Astuti