Abstract
Kampung Senja di Kelurahan Banjaran memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata berbasis seni dan kuliner tradisional. Namun, kurangnya promosi menyebabkan rendahnya tingkat kunjungan dan pemanfaatan potensi tersebut oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperkenalkan Kampung Senja melalui berbagai kegiatan pemberdayaan. Metode yang digunakan adalah pengabdian kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara, dan intervensi program kerja. Kegiatan yang dilakukan meliputi lomba mewarnai untuk anak-anak guna meningkatkan kreativitas serta strategi branding melalui media sosial untuk meningkatkan eksposur Kampung Senja. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat, terutama anak-anak, dalam aktivitas seni dapat memperkuat identitas budaya lokal. Selain itu, promosi digital melalui Instagram, Youtube, dan TikTok berhasil meningkatkan visibilitas Kampung Senja sebagai destinasi wisata. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kombinasi antara kegiatan edukatif dan digital marketing dapat menjadi strategi efektif dalam mengembangkan potensi desa. Oleh karena itu, keberlanjutan program ini perlu diperhatikan dengan dukungan masyarakat dan pemerintah setempat agar Kampung Senja semakin berkembang dan memberikan manfaat ekonomi serta sosial bagi warga sekitar.
References
Citriadin, Y. (2020). Metode pengabdian kualitatif (suatu pendekatan dasar). In Sanabil Creative. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENGABDIAN_KUALITAIF.docx
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Haryono, E. (2023). Article Template : e-journal an-nuur : The Journal of Islamic Studies Petunjuk Penulisan Artikel Jurnal Online , An-Nuur Institut Agama Islam ( IAI ) Al Muhammad Cepu. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies.
Moonik, N., & Gilbert Pomantow, W. (2023). Pentingnya Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Acha Olshop. Jurnal MABP, 5(2), 77–91.
Muh. Hasan Marwiji, Bambang Qomaruzzaman, Q. Y. Z. (2023). Inovasi Dalam Bidang Kurikulum: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan Penerapannya. Jurnal Educatio, 9(4), 2194. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.6283
Muhandri, T., Hasanah, U., & Amanah, A. (2021). Perilaku Konsumen Terhadap Jajanan Tradisional di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Mutu Pangan : Indonesian Journal of Food Quality, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.29244/jmpi.2021.8.1.10
Pandanwangi, A., Ida, I., Ratnadewi, R., Manurung, R. T., Budiman, I., & Vincent, V. (2021). Tingkat Kebahagiaan Masyarakat setelah Adanya Mural di Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi Bandung. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 137. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i2.365
Rahmi, A., & Desriyeni. (2017). Pembuatan Buku Panduan Media Promosi Perpustakaan. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 19–27. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/8120%0Ahttps://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/download/8120/6204
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wibowo, A. (2019). PROGRAM KKNT UNIRA 2019 DALAM MENDIRIKAN TAMAN BACA SEBAGAI AKTUALISASI KESADARAN PENTINGNYA MEMBACA AT-TAMKIN Volume I No . 1 Mei 2018. 2(1), 12–18.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 rizal Fernanda