Abstract
Program Lomba Cerdas Cermat sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Nusantara PGRI Kediri bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta menanamkan kesadaran lingkungan di tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga sekolah, yaitu SDN Bandar Lor 1, SDN Bandar Lor 2, dan SDN Bandar Lor 3, dengan melibatkan siswa kelas 4, 5, dan 6. Metode perlombaan terdiri dari tiga babak: penyisihan, semifinal, dan final, dengan materi utama seputar penghijauan, tanaman Rosella, dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa mengenai topik lingkungan, semangat belajar yang lebih tinggi, serta peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kepercayaan diri dalam berkompetisi. Selain memberikan manfaat akademik, kegiatan ini juga memperkuat kolaborasi antara mahasiswa, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan peduli terhadap isu ekologi. Program ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitas pendidikan berbasis kompetisi dan kesadaran lingkungan bagi siswa sekolah dasar.
References
Aditya, H. F., Natanael, C., Andrian, D. F., & Chandra, D. (2024). Peningkatan Nilai Nasionalisme Melalui Lomba Cerdas Cermat Kemerdekaan di SDN 01 Jatipasar , Kecamatan Trowulan , Kabupaten. 2(2), 324–328.
Arsyad, A. A., Juliastrid, A., Hasriani, H., Khadijah, N., Raoda, R. A., & Sartika, D. (2022). Peningkatan Pengetahuan Kebun TOGA melalui Cerdas Cermat Adiwiyata dan Outdoor Learning. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 56. https://doi.org/10.35580/smart.v2i1.33038
Auliya, S., Andriani, R., Azizah, N., Wardhani, S., & Ayu, O. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lomba Cerdas Cermat ( LCC ) Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Bandar Lor. Lcc, 467–477.
Jannah, A. (2023). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Purnomo, A., Putikadyanto, A., Wachidah, L. R., & Sari, S. Y. (n.d.). Menciptakan Generasi Peduli Lingkungan : Inovasi Ekokurikulum Berbasis Kearifan Lokal Madura di SMP Pamekasan. 1, 47–62. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17180
Ritonga, S., Syabrina, L., Rizkina, A., Ramadhan, R., Rusydi, A. M., Negeri, I., & Utara, S. (2024). Jurnal pema tarbiyah. 3(2), 56–65. https://doi.org/10.30829/pema.v3i2.3953
Sayangan, Y. V., Una, L. M., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766.
Shofiyani, A., Aisa, A., Nisa’, K., Lubab, M. A. I., Khotimah, K., & Hajiroh, Y. N. (2023). Meningkatkan Kekreatifan dan Membangkitkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Lomba Cerdas Cermat di Desa Sidomulyo. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 15–19. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3155
Sri, A., Hutagaol, R., Subakti, D., Sari, D. K., Bisnis, E., Labuhanbatu, U., & Labuhanbatu, U. (2024). SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR Penerapan Ilmu Pengetahuan : Skills : Pengalaman Kerja Lapangan : 7(November), 248–259.
Yulandari, A. (2022). Efektivitas Promosi Kesehatan Melalui Game Puzzle Tentang Kesehatan Gigi Di Sdn Bengkulu Tengah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jurusan Promosi Kesehatan Tahun Akademik 2022.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Mario Jonea Adi Surya, Muhammad Rizqi Nur Mukhlis, Ahmad Badaruzzaman, Mohammad Nova Kurniawan, Nurma Kusnun Kodriyah, Reysa Ayoma Dewanda, Melani Dwi Lestari, Aldafa Tito Ramanda Putra, Putri Mu`awanah Ashari, Siti Nur Aini, Rendy Setiawan, Rika Wahyu Alisanti, Satria Wijaya, Iqbal Adji Nurvinanto, Fairus Reswara Mochamad