Implementasi Peningkatan Kesadaran Lingkungan di Sekolah Dasar melalui Program Penghijauan Berbasis Daur Ulang di Kelurahan Banjarmlati
pdf

Keywords

penghijauan
daur ulang
tanaman hias
edukasi lingkungan
taman sekolah

How to Cite

Implementasi Peningkatan Kesadaran Lingkungan di Sekolah Dasar melalui Program Penghijauan Berbasis Daur Ulang di Kelurahan Banjarmlati. (2025). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 2, 614-622. https://doi.org/10.29407/7qbneh82

Abstract

Abstrak— Pengelolaan sampah plastik menjadi tantangan lingkungan yang memerlukan perhatian khusus. Maka dari itu, kegiatan KKN kelompok 42 Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri di SDN 1 dan SDN 2 Banjarmlati berfokus pada edukasi lingkungan melalui penanaman tanaman hias menggunakan botol dan galon bekas yang dihias dengan cat akrilik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya daur ulang dan pelestarian lingkungan melalui penghijauan berbasis praktik. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, wawancara dengan kepala sekolah dan guru, persiapan, serta pelaksanaan kegiatan. Siswa diberikan pemahaman tentang dampak limbah plastik dan cara mendaur ulangnya secara kreatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa taman sekolah menjadi lebih hijau dan tertata setelah program penghijauan dilakukan. Selain itu, siswa lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan serta menunjukkan antusiasme dalam merawat tanaman yang telah mereka tanam. Program ini tidak hanya meningkatkan kesadaran lingkungan tetapi juga melatih kreativitas siswa dalam memanfaatkan sampah plastik menjadi barang bernilai guna. Keberhasilan program ini membuktikan bahwa edukasi berbasis praktik lebih efektif dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain dalam menerapkan program serupa.

pdf

References

NANA FAUZANA AZIMA, “Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Lingkung. dan Pembang., vol. 22, no. 02, pp. 1–11, 2022, doi: 10.21009/plpb.222.01.

W. H. A. Putri, R. D. Lestari, and P. D. Wijayanti, “Pemanfaatan Botol Plastik Bekas Sebagai Wadah Dalam Sistem Hidroponik Untuk Budidaya Sayuran Utilization Of Used Plastic Bottles As Containers In Hydroponic Systems For Vegetable Cultivation,” Manfaat J. Pengabdi. Pada Masy. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 1–6, 2024.

N. K. T. Martuti, M. Rahayuningsih, M. N. H. F. Zaka, and M. S. Arifin, “PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BAGI ANAK-ANAK DI DESA PENYANGGA HUTAN GUNUNG (Studi Kasus: Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal),” Proceeding Semin. Nas. IPA XII “PISA melalui sains masa depan untuk Gener. berwawasan lingkungan,” pp. 30–39, 2022, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/1334

F. Atoillah and M. R. Mahmud, “Pemanfaatan Botol Bekas sebagai Media Tanam dalam Teknik Budidaya Tanaman Secara Hidroponik,” Proc. UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol, vol. 1, no. 51, pp. 29–36, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/16071/9310

D. N. Luthfiana et al., “Pemanfaatan Sampah Botol Plastik Sebagai Media Penanaman Dengan Teknik Vertikultur Di Padukuhan Glagah Kidul, Tamanan, Bantul,” GANESHA J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 7–14, 2023, doi: 10.36728/ganesha.v3i1.2212.

Rini Nizar, Seprita Lidar, and K. Khairunnas, “Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Media Tanaman Hidroponik Di Kelurahan Bambu Kuning Kota Pekanbaru,” Apl. J. Apl. Ilmu-ilmu Agama, vol. 22, no. 2, pp. 129–136, 2022, doi: 10.14421/aplikasia.v22i2.2926.

S. Marlina, R. Rahmaniati, and G. Satrio Pratomo, “Edukasi Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Anak pada Kelestarian Lingkungan di Kota Palangka Raya,” I-Com Indones. Community J., vol. 2, no. 3, pp. 466–474, 2022, doi: 10.33379/icom.v2i3.1691.

S. R. Adawiyah, “Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup,” J. Gend. Stud., vol. 14, no. 1, pp. 90–108, 2022.

A. Salatalohy, A. K. Kamaluddin, and N. Nyong, “Keanekaragaman Vegetasi Taman Kota Sebagai Ruang Terbuka Hijau (Rth) Di Taman Rum Balibunga Kota Tidore Kepulauan,” J. Hutan Pulau-Pulau Kecil, vol. 7, no. 1, pp. 11–21, 2023, doi: 10.30598/jhppk.v7i1.8835.

A. Syaikhudin and Tarbiyah, “Menuju Sekolah Adiwiyata: Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Di Sdn 3 Bangunsari,” J. Islam. Elem. Sch., vol. 42, no. 2, pp. 51–63, 2021.

M. Wati and A. A. Septiani, “Peningkatan Kreativitas Anak dalam Pemanfaatan Sampah Bekas Guna untuk Menumbuhkan Kesadaran Pelestarian Lingkungan,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 14, no. 3, pp. 539–543, 2023, doi: 10.26877/e-dimas.v14i3.13266.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Ikrar Nusa Bhakti, Narulita Ayu Solikhah, M Priandaru Misrawan, Bilal Zuchrufi, Zahra Faadihillah Wahid, Tsany Marcella Dewi Arini, M Jefri Handika, Ferlita Putra Anugerah Illahi, Camelia Nurdiana, Rona Iin Nur Hanifah