Optimalisasi Media Sosial dalam Sosialisasi Wayang Jemblung di Kelurahan Lirboyo Kota Kediri
PDF

Keywords

wayang jemblung
branding
promosi
media sosial

How to Cite

Optimalisasi Media Sosial dalam Sosialisasi Wayang Jemblung di Kelurahan Lirboyo Kota Kediri. (2025). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 2, 388-395. https://doi.org/10.29407/jpk3kd39

Abstract

Kelurahan Lirboyo memiliki pesantren ternama sebagai salah satu pusat pembelajaran agama islam sehingga ada potensi kunjungan wisatawan yang cukup tinggi. Perlu optimalisasi daya tarik wisata yang ada di kelurahan Lirboyo, salah satunya budaya Wayang Jemblung yang merupakan proses akulturasi sejarah dan penyebaran agama islam dengan budaya jawa, serta media penyampaian pesan religi, etika, dan sopan santun melalui kisah yang diperagakan. Observasi yang dilakukan melalui KKN-T menunjukkan wayang jemblung menghadapi tantangan dalam mempertahankan eksistensinya di era modern. Generasi muda, sebagai penerus budaya, cenderung kurang mengenal seni ini akibat dominasi budaya populer dan kurangnya promosi yang relevan dengan preferensi mereka sehingga kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan branding dan pemasaran wayang jemblung melalui berbagai media sosial sehingga diharapkan dapat semakin dikenal dan digemari generasi saat ini yang sangat dekat dengan media sosial. Pengabdian masyarakat dilakukan mulai bulan januari hingga februari 2025 dengan pelibatan 5 pihak dalam pentahelix meliputi akademisi, perangkat kelurahan Lirboyo, komunitas wayang jemblung, media massa, dan pihak pemerhati budaya. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu beberapa konten branding dan pemasaran wayang jemblung di media Tik-Tok, Instagram, Youtube, dan media massa. Beberapa media yang sudah dimiliki menunjukkan peningkatan pelanggan yang berarti cukup optimalnya penggunaan media sosial sebagai branding  dan promosi.

PDF

References

Fauzi, M. (2022, December 20). Konsep Pentahelix Jadi Solusi Wujudkan Green Economy di Indonesia. Media Indonesia.Com. https://mediaindonesia.com/ekonomi/545909/konsep-pentahelix-jadi-solusi-wujudkan-green-economy-di-indonesia

Ismawati, A. (2024). No Title. Radar Kediri.Jawapos.Com. https://radarkediri.jawapos.com/features/784414514/melihat-upaya-sujiman-agar-seni-jemblung-dilirik-generasi-z

Joy, K. (2020). The Digital Marketing Funnel. https://tcsuccess.com/digital-marketing-funnel/

Meilina, R., Muslih, B., Bhirawa, S. W. S., Hidayah, A. N., Maskulin, A. E., Kurniawan, R. A., & Arismanda, I. V. P. (2024). Pengenalan Wayang Jemblung Sebagai Rintisan Kampung Keren di Kelurahan Lirboyo Kota Kediri. ADM : Jurnal Abdi Dosen Dan Mahasiswa, 2(1), 71–78. https://doi.org/[1] Meilina R, Muslih B, Bhirawa SWS, Hidayah AN, Maskulin AE, Kurniawan RA, et al. Pengenalan Wayang Jemblung Sebagai Rintisan Kampung Keren di Kelurahan Lirboyo Kota Kediri. ADM J Abdi Dosen Dan Mhs 2024;2:71–78.

Meilina, R., Purnomo, H., Prasojo, A., Leksono, P. Y., Rizda, S. P., & Setiawan, A. B. (2024). The Role of Academics as Part of Pentahelix in the Development of “ Kampung Keren ” to Achieve SDG ’ s. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 445–455. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce%0AThe

Meilina, R., Sumantri, B. A., Prasojo, A., & ... (2023). Pengembangan Kampung Keren Di Kelurahan Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. ADM: Jurnal Abdi …, 1(2), 173–180. https://ejournal.lapad.id/index.php/adm/article/view/221

Neo 360. (2023). THE COMPLETE GUIDE TO DIGITAL MARKETING FUNNEL STRATEGY. https://neo360.digital/blog/digital-marketing-funnel-strategy-guide/

Novita, M., Noprianto, E., Ismail, M. S., & Asman, M. (2024). Peran Pentahelix Collaboration dan Desa Model dalam Penguatan Usaha Mikro Berkelanjutan berbasis Service Learning ( SL ). 8(1), 93–105.

Pugra, I. W., Oka, I. M. D., & Suparta, I. K. (2021). Kolaborasi Pentahelix Untuk Pengembangan Desa Timpag Menuju Desa Wisata Berbasis Green Tourism. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.31940/bp.v7i2.111-120

Septadiani, W. P., Pribadi, O. S. I. ., & Rosnarti, D. (2022). Peran Model Pentahelix Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Prosiding Seminar Intelektual Muda #8, Metode Mitigasi, Keselamatan Proyek Dan Kenyamanan Lingkungan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Hidup, 22–31.

Yunas, S. N. (2019). Implementasi Konsep Penta Helix dalam Pengembangan Potensi Desa melalui Model Lumbung Ekonomi Desa di Provinsi Jawa Timur. Matra Pembaruan : Jurnal Inovasi Kebijakan, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.21787/mp.3.1.2019.37-46

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 restin meilina, Galih Punta Indra Nugraha, Mia Dwi Prayogy, Irfan Akbar Wahyudin, Elvi Nur Hidayah, Annisa Mutiara Vani, Puji Lestari, Duanty Syaharani, Deva Rahma Nugroho, Kresna Aprianto, Ahmad Putra Jala Perkasa, Agustina Alaida Yahya, Zahra Putri Maulida, Safina Dwi Rengganis, Ida Wahyuni