Abstract
Pengajaran berbasis eksperimen sains memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan metode eksperimen sains terhadap siswa-siswi SDN Dandangan 2. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah eksperimen dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik mengenai eksperimen sains. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa peserta didik lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran dengan mengunakan metode eksperimen sains, di sisi lain peserta didik mampu memahami konsep sains dengan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Sebelumnya SDN Dandangan 2 belum menerapkan metode eksperimen sains dalam proses pembelajaran, maka dari itu peneliti menerapkan program eksperimen sains pada pembelajaran IPA. Eksperimen sains juga membantu meningkatkan keterampilan kolaborasi, rasa ingin tahu dan kreativitas khususnya peserta didik di SDN Dandangan 2. Dengan demikian, pengajaran berbasis eksperimen sains dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sains di sekolah dasar.
References
Amantika, D., & Aziz, A. (2022). Bermain Sains pada Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Penerapan Metode Eksperimen. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4526–4532. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2742
Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. In Bahasa dan Sastra (Vol. 9, Issue 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma
Amna Emda. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. In Lantanida Journal (Vol. 5, Issue 1).
Ghina Dhaniyah Salsabil, Winda Sari, Ikmawati Ikmawati, & Kurniawan Kurniawan. (2024). Hakikat Sains : Pengertian, Fungsi, dan Penerapan dalam Proses Pembelajaran. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 37–45. https://doi.org/10.58192/populer.v3i4.2664
Hamdani M, Prayitno BA, & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen The ImproveAbility To Think Critically Through The Experimental Method (Vol. 16).
Ichsan, Suhaimi2, Khodzijah Nur Amalia, Tomi Apra Santosa, & Sisi Yulianti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbaisis TPACK Terhadap Ketrampilan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA: Sebuah Meta-Analisis (Vol. 4).
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Lazuarni, D. N., Wihelmina, Y., Nainggolan, J., Ketaren, M. A., Mailani, E., Willem, J., & Pasar, I. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Alat Peraga pada Pembelajaran Matematika di SD. 1(4), 133–146. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i4.952
Yulia Ngatminiati, Yayuk Hidayah, & Suhono. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar.
Nur Khofiyah, H., Santoso, A., Akbar, dun, & Nur Khofiyah Pendidikan Dasar, H. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).
Primayana, K. H., Lasmawan, W., Adnyana, P. B., Studi, P., & Dasar, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV (Vol. 9, Issue 2). http://ejournal-pascSa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index
Rima, R., Munandar, A., & Anggraeni, S. (2020). Pengembangan kegiatan praktikum pemodelan efek rumah kaca untuk siswa SMA pada materi perubahan lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 34–38. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23308
Saputri Syahrul, F., Marzuki, K., & Kurnia, R. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun. In Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal (Vol. 1, Issue 3).
Saputri Syahrul, F., Marzuki, K., & Kurnia, R. (2023). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun. In Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal (Vol. 1, Issue 3).
Maya Laela Sari, Luluk Asmawati, & Atikah, C. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Dan Literasi Anak Usia Dini.
Sri Handayani, N. (2023). under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Di Tk As-Sunnah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 169–182.
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-Pek (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018
Ulfa Hidayah, M., & Jumadi, Mp. (2023). Filsafat Pedagogi Kritis dalam Pendidikan IPA.
Zibar, C., Parisu, L., Sisi, L., & Juwairiyah, A. (2025). Pengembangan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPA.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Deri Fitriono Fitri