Abstract
Industri tahu di Kelurahan Bawang, Kota Kediri, menghadapi kendala dalam inovasi produk dan pemasaran. Banyak UMKM masih mengandalkan metode tradisional, sehingga sulit bersaing di pasar. Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) ini bertujuan untuk mengenalkan inovasi produk olahan tahu dan strategi pemasaran digital kepada warga. Kegiatan dilakukan melalui sosialisasi dan pelatihan tentang diversifikasi produk serta penggunaan media sosial dan marketplace. Tingkat partisipasi warga diukur dari kehadiran hingga keterlibatan aktif dalam diskusi dan praktik. Hasil menunjukkan bahwa banyak peserta tertarik dan mulai menerapkan inovasi serta strategi pemasaran yang diperkenalkan. Program ini membantu meningkatkan keterampilan warga dan memperluas peluang pasar bagi UMKM tahu. Dengan partisipasi aktif warga, industri tahu di Kelurahan Bawang diharapkan dapat berkembang dan lebih kompetitif.
References
Faidah, N. M., & Samsudin, A. (2023). Pengembangan Inovasi Produk Olahan Tahu Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Nilai Jual Tahu. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 42–48. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/viewFile/577/606
Fakhriyyah, D. D., Wulandari, Y., & Kharisma, C. (2020). 8691-26186-1-Pb. 1(4), 311–317.
Jahan, S. N., Elistya, W., Indah, P., & Eka, A. (2024). Eksplorasi Potensi Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kabupaten Kediri Sebagai Acuan Untuk Usulan Pengajuan Desa Wisata. 191–201.
Karim, S., Kusuma, B. J., & Amalia, N. (2017). Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Kepariwisataan Balikpapan: Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(3), 144–155. https://doi.org/10.31940/jbk.v13i3.728
Kurniawan, I., & Basyaruddin, M. (2023). Kurniawan, et al Halaman 131 dari 138. 131–138.
Noviani, L. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok ”Liar”). Jurnal Manajemen Danbisnis (Jumanis), 2(1), 2076–2086. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/982
Rifani, J. (2022). Inovatif, Vol. 4, No.2, Desember 2022 ISSN: 2685-855X. 4(2), 28–33.
Ritomieaariescy, R., Mawardi, A. I., Sholihatin, E., Aprilisanda, I. D., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2021). Inovasi Pemasaran Produk Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 418–432. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
Salbiah, E., Purnamasari, I., Fitriah, M., & Agustini, A. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pertanahan. Jurnal Governansi, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2227
Simanullang, F., & Simanullang, S. (2022). Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 668–683. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.507
Tsabita, P., Syabitha, F. N., Hasanah, N., Putra, P. D., Veronika, M., & Alie, J. (2024). Pelatihan Dan Sosialisasi Pengembangan Inovasi Produk Keripik Singkong Sebagai Upaya Peningkatan Umkm Di Desa Petanang Kecamatan Lembak Provinsi Sumatera Selatan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7838–7845.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Refi Murniasari, Moch. Adam Imadudin, Pipit Putri Pratiwi, Adelia Puspitasari, Siti Nikmathul Fitriyah, Bramasta Aldi Lubis, Eliza Febi Kharina, Nadya Eksytha, Anis Azizah, Satria Bramesta Dewayana, Alsha Fianingsih Putri, Virandra Al Fariz, Latifa Qori Afiatujana, Ana Ummi Sulthona