Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan branding berbasis digital yang dilakukan oleh UMKM di Kelurahan Campurejo untuk memperluas pasar UMKM. Di era digitalisasi saat ini dapat memberikan peluang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui penerapan branding berbasis digital yang efektif. Digitalisasi memberikan kemudahan para pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya kepada masyarakat luas dengan mudah melalui konten dan interaksi aktif dengan para calon konsumen. Metode pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui tahap observasi pelaku UMKM sehingga penulis dapat mengumpulkan data secara langsung dan ikut serta dalam melihat proses produksi pelaku UMKM. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa mayoritas pelaku UMKM masih menerapkan metode pemasaran langsung dengan lingkup pemasaran yang kecil. Penerapan branding berbasis digital dapat membantu pelaku UMKM untuk memperluas pasar UMKM. Hal ini terjadi karena melalui branding digital memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. Strategi branding digital yang efektif berbasis website dan media sosial yang didukung dengan konten-konten yang relevan serta nama atau logo merek yang kuat mampu menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian produk UMKM. Untuk itu, kegiatan penelitian ini dilakukan untuk membantu pelaku UMKM dalam mengatasi masalah pemasaran dan branding produk UMKM.
References
A. A. Nur Ahmas, T. Sutrisno, and I. Ratnasari, “Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 1, p. 124, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i1.7625.
Alviana, N., & Asra, M. (2024). Peningkatan Minat Konsumen Melalui Strategi Pemasaran. Iltizam: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(1), 121-132.
Aryani, D. I. (2024). TINJAUAN DAN KOMPARASI DESAIN MINUMAN KEKINIAN DENGAN PENDEKATAN SENSORY BRANDING. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 28(1), 59-76.
D. Nurahman, A. A. Rahma, and I. Muyani, “PENERAPAN BRANDING DAN DIGITAL MARKETING DALAM,” vol. 2, no. 2, pp. 94–104, 2024.
E. I. Aisyah Hanif1, “Penguatan Merek dan Visualisasi Produk Berbasis Digital Pada UMKM ‘Doyan Jajan’ Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo,” Faedah J. Has. Kegiat. Pengabdi. Masy. Indones. Vol.1, No.2 Mei 2023, vol. 1, no. 2, pp. 84–97, 2023, [Online]. Available: https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
Fahlevie, R., Rapiudinsyah, A., Alsha, M. R. A., Putra, P. D., Veronika, M., & Alie, J. (2024). Strategi Pemberdayaan Branding Dan Digital Marketing Bagi Umkm Menuju Ekonomi Digital Di Desa Petanang Kecamatan Lembak Provinsi Sumatera Selatan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7846-7853.
M. H. P. Negara and D. D. Sholihah, “Pemanfaatan Digital Branding UMKM Barongan Wisanggeni Guna Mendukung Tercapainya SDGs Desa Kewirausahaan,” J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 71–77, 2023, doi: 10.47233/jpmittc.v2i2.1086.
Maria, V., Hidayatullah, A. F., Putri, U. E. D. T., Mursidah, N. N., Ramdhany, L. P., Sabilah, R., & Syauqi, F. A. (2024). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Kota Serang. Benefits: Journal of Economics and Tourism, 1(1), 1-15.
N. Hidayati, A. Y. Septiana, and I. A. Salsabilla, “Digital Marketing sebagai Strategi Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Desa Cerme Kabupaten Kediri,” vol. 2, no. 3, pp. 450–457, 2024.
R. Anugrah et al., “Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 740–746, 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i2.4702
Rukmi, A. M., Irawan, M. I., Mukhlash, I., Hidayat, N., & Iqbal, M. (2024). Pengembangan Pemasaran Digital dan Finansial bagi Pengusaha Perempuan dalam Pemberdayaan Usaha Mikro di Surabaya. Sewagati, 8(2).
S. L. Khurnia, A. Zaki, and D. H. Mahfudhoh, “Nusantara Community Empowerment Review Strategi Personal Branding di Era Digital,” vol. 3, no. 1, pp. 36–41, 2025
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.
T. Noviati, “PENINGKATAN KOMPETENSI PELAKU UMKM DALAM STRATEGI BRANDING BERBASIS,” vol. 3, no. 3, pp. 85–91, 2025.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Sephia Cici Nur'aini, Triana Sari, Salma Kurnia Anisa, Efrilinda Nurrohmah, Okta Fitriana, Nurhaji, Wahyu Cahyaningrat, David Putra Ega Pradana, Meilinda Trinita Sari , Nurfaridah, Moch. Tegar Cahyono, M. Roif Makhrus, Desi Wulandari, Dio Dwi Iswoyo, Poniran Yudho Leksono