Pemberdayaan UMKM Melalui Kegiatan Bazar di Kelurahan Ngronggo
pdf

Keywords

UMKM
Pemberdayaan
Bazar
KKN-T
Pemasaran Digital
Kelurahan Ngronggo

How to Cite

Pemberdayaan UMKM Melalui Kegiatan Bazar di Kelurahan Ngronggo. (2025). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 2, 63-72. https://doi.org/10.29407/m8azg458

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam meningkatkan perekonomian lokal, terutama di wilayah pedesaan. Namun, pelaku UMKM sering menghadapi kendala dalam aspek pemasaran dan pengembangan usaha. Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Kelurahan Ngronggo dilaksanakan dengan tujuan memberdayakan UMKM melalui kegiatan bazar sebagai sarana promosi dan peningkatan daya saing produk lokal. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis dampak bazar terhadap perkembangan UMKM di desa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan bazar dalam program KKN-T dapat meningkatkan eksposur produk lokal, memperluas jaringan pemasaran, serta memperkaya pemahaman pelaku usaha mengenai strategi pemasaran dan inovasi produk. Selain itu, pendampingan yang dilakukan mahasiswa KKN-T dalam aspek branding dan digitalisasi pemasaran berkontribusi terhadap pengembangan UMKM. Keberhasilan bazar ini didukung oleh partisipasi aktif masyarakat, kerja sama dengan pemerintah desa, serta pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif.

pdf

References

Arif Syahroni, M., Laila Ramadhanti Utami, N., Pupan Kartika, P., Diah Widianti, I., Efendi Septiana, R., Faiqoh, E., Lestianingsih, D., Nur Khafifah, I., Barokah, U., Rahayu, G., & Khofifah Abstrak, A. (2023). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT. Prosiding KAMPELMAS (Kampus Peduli Masyarakat), 2(2).

Azizil Yudaruddin, Y., Della Ananda Lesmana, S., Karlida Sari, D., Ramadhani, R., & Juwari. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN BAZAR UMKM SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERKUAT KETAHANAN PANGAN DI KELURAHAN AMBORAWANG DARAT. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 5(2), 60–68. Doi: 10.36277/jamie.v5i2.312

Barts, H. (2023). Implementasi kegiatan bazar umkm sebagai upaya dalam memperkuat ketahanan pangan di Kelurahan Amborawang Darat. 6(2), 395–402. Doi: 10.22460/as.v6i2.17246

Mintawati, H., Luckieta, M., Sodiq, M., Yayandi, M., Handayani, N., Mochamad Ardiansyah, A., Arrosid, F., Gibrani, S., Qoidah, N., Qurrotul Aina, N., Muslim, M., Prilzilia Az-zahra, D., Rahmawati, S., Nur Annisa Achyadi, N., RAhman Jainun, A., & Barek Teluma, B. (2024). Perkembangan Minat Beli Produk Umkm Desa Cicadas Melalui Media Bazar Tradisional. Sabajaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2. Retrieved from https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm

N K, F., Rosfitasari, F., Puspita Sari, R., Greynanda, E., Duwi Agustina, E., Widiawati, & Rahmawati, S. (2024). Strategi UMKM di Kelurahan Ngampel melalui Product Branding dan Digital Marketing. Proceeding Of The NAtional Cenference On Comunity Engagement, 1. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce

Nasution, A. (2024). Tinjauan Yuridis Terhadap Kepatuhan dan Implementasi Budaya Inovasi Daerah di Kabupaten Boyolali. Jurnal Inovasi Daerah, 3. doi: 10.53697/jid.v3i1.36

Prasetyo, A., & Rining Nawangsari, E. (2024). Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Langgeng Jaya di Desa Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 737–753. doi: 10.53682/jpjsre.v5i2.9366

Rahman, A., Islamia, S., Taufiqurrahman, M., Wahyuni, S., Suciati, E., & Kamaliah, N. (2024). Peran dan Esensi Karang Taruna dalam Pengembangan Masyarakat di Desa Jangur. Profetik (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 02. doi: 10.31004/jptam.v8i2.14899

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) PELATIHAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING UNTUK MEMBANTU PEMASARAN PRODUK PADA MASA COVID-19 History Artikel. ABDIRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1).

Yolanda, C. (2024). PERAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI INDONESIA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2.

Yuningsih, N., Asral, & Harisandi, P. (2023). Pemberdayaan Dan Pemasaran Produk UMKM Kab.Bekasi Melalui Bazar UMKM. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1, 16–21. Retrieved from https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jpbmi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Hermawan Nur Wahiid, Riska Melati, Airulanang Lambang Febriansyah, Adelia Meilinda Safitri, Nurrenza Azizah, Zhah Rotul Nikmah, Ahmad Zaki Sholahudin, Muhamad Naufal Tamam Dariansa, Fabyo Novryal Nawawi, Satya Dwi Permana Putra, Putri Devita Juliana, muhamad Resandi Sholahudin, Afrizal Ahmad Bayu P., Muhamad Basori