Upaya Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Berintegritas melalui Kegiatan Sosialisasi di SDN Pakunden 1
pdf

Keywords

analisis pendidikan, sekolah dasar, karakter

How to Cite

Upaya Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Berintegritas melalui Kegiatan Sosialisasi di SDN Pakunden 1. (2025). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 2, 1-12. https://doi.org/10.29407/j7symk25

Abstract

Pada saat ini, karakter setiap individu sangatlah beragam diatara peserta didik yang menempuh
pendidikan sekolah dasar. Seringkali terjadi hal yang tidak diharapkan seperti perundungan dalam
lingkungan sekolah dasar. Meskipun rentang usia mereka terbilang masih anak-anak, perundungan secara verbal
maupun fisik dapat terjadi baik dalam kesengajaan maupun tidak. Selain itu pemahaman tentang toleransi
penting ditanamkan sejak usia belia agar mereka mendapatkan bekal dan menjadi peribadi yang
berkarakter. Sehingga kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pencegahan
perundungan, intoleransi dan kekerasan seksual. Metode pelaksaan dilakukan dengan cara pemaparan
materi dan tanya jawab. Hasil pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini memberikan pemahaman dalam
mencegah dan menangani tiga dosa besar pendidikan.

pdf

References

Ananda, E. R. (t.t.). Analisis Dampak Teknologi Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Ditinjau Dari Nilai Karakter Self-Confident Siswa Sekolah Dasar.

Arisa, A. (2024). Video Animasi Kartun: Pencegahan Kasus Perundungan Anak Belia Di MAN 3 Banjarmasin.

Eka Adhariani, D., Shunhaji, A., & Muid Nawawi, Abd. (2023). Pengelolaan Kecerdasan Emosi Pendidik TK Azhari Islamic School Jakarta. Journal on Education, 6(1), 3544–3558. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3450

Hadisuprapto, D. P. (t.t.). SISTEM PERADILAN PIDANA MAGISTER ILMU HUKUM PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2007.

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Tohari, H. M. A. (2021). PENCEGAHAN KASUS CYBERBULLYING BAGI REMAJA PENGGUNA SOSIAL MEDIA. 2(1).

Indrayana, M. T. (2017). Profil Kasus Kekerasan Seksual terhadap Perempuan dan Anak yang Diperiksa di Rumah Sakit Bhayangkara Dumai (2009-2013). Jurnal Kesehatan Melayu, 1(1), 9. https://doi.org/10.26891/jkm.v1i1.2017.9-13

Khoirunnissa, R., & Syahidin, S. (2023). Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 177. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i2.1276

Lobubun, M., Apriadi, A., & Permadani, A. (t.t.). Penyuluhan Hukum Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan Kekerasan Seksual, Perundungan (Bullying) dan Intoleran.

Mas’udah, S. (2022). The Meaning of Sexual Violence and Society Stigma Against Victims of Sexual Violence. Society, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/society.v10i1.384

Mindariati, M., Aunnurrahman, A., & Halida, H. (2023). Dampak Perilaku Intoleran Terhadap Sikologi dan Karakter Siswa dijenjang SMA. Jurnal on Education, 6, 9564–9572.

Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054

Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). ANALISIS FAKTOR DAN DAMPAK KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 3(II), 56–60. https://doi.org/10.23969/humanitas.v3iII.4118

Pratama, R. A. (t.t.). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN MODERN.

Putri, F. E., Christiana, E., Pd, S., & Pd, M. (t.t.). KONSELING RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KORBAN VERBAL BULLYING.

Ramadhani, S. R., & Nurwati, R. N. (2023). DAMPAK TRAUMATIS REMAJA KORBAN TINDAKAN KEKERASAN SEKSUAL SERTA PERAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA. Share : Social Work Journal, 12(2), 131. https://doi.org/10.24198/share.v12i2.39462

Wulandari, F. N., & Salsabila, N. N. (2024). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGHADAPI 3 DOSA BESAR DUNIA PENDIDIKAN. 1(2).

Yunina, D. S., Nissa, N. L. F., Nuzula, F., Hamdan, M. A., Ghozali, G. M. A., Mustaqim, M., & Noviyanti, M. (2023). SOSIALISASI 3 DOSA BESAR DALAM PENDIDIKAN UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN BANJAR KEMUNING. 05(02).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 umi fatimatus zahrok, Dewi Nur Arifah, Pandu Eko Prasetiyo, Desfia Puteri Rahmadani, Lani Diana, Moh Fuad Agil Mustofa, Ahmad Ibnu Sya’ban, Dyah Ayu Retno Wulan, Wahyudin Almahmudi, Sukarti ningsih, Achamad Miftakhul Rohman, Hesti Mei Wulan, Gema Zuhriantama, Muhammad Alvin Fawzi, Ema Nurzainul Hakimah