Abstract
Kesenian yang telah menjadi budaya di kelurahan Kemasan yaitu kesenian pecut merupakan budaya kearifan lokal yang perlu dijaga dan dilestarikan. Upaya pelestarian yang dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan peta budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan peta budaya sebagai upaya masyarakat dalam melestarikan dan mengenalkan kesenian budaya kelurahan Kemasan sebagai “Kampung Pecut”. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan kegiatan KKN-T ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan budaya kesenian pecut menjadi tantangan dalam mengenalkan pada generasi muda sebagai pewaris kearifan lokal. Bentuk upaya masyarakat dalam melestarikan tradisi di daerah Kemasan adalah dengan mengadakan pelatihan pecut dan memproduksi pecut sebagai ikon kampung keren Kampung Pecut sebagai mata pencaharian ekonomi. Pemanfaatan peta budaya berfungsi sebagai media dalam mendokumentasikan kesenian, budaya, dan tradisi yang berada di Kampung Pecut.
References
Agustin, Ajengtria, Nara Setya Wiratama, and Yatmin Yatmin. 2022. “Dampak Pembangunan Bendung Gerak Waru Turi Terhadap Sosial-Ekonomi Masyarakat Desa Gampeng Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun 1988-2019.” Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) 5: 454–62.
Dimas, Pena, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Agus Budianto, Nara Setya Wiratama, Zainal Afandi, Sigit Widiatmoko, Heru Budiono, et al. 2023. “Ciptaan Disebarluaskan Di Bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. PENDAMPINGAN PENULISAN HISTORIOGRAFI SITUS CANDI SUROWONO SEBAGAI PENGEMBANGAN PENGAJARAN SEJARAH LOKAL MGMP SMA/MA KOTA KEDIRI Lisensi: Cc-by-Sa.” : 86–95. http://dx.doi.org/10.33474/p.
Fatimah, Titin, Nafi’ah Solikhah, Theresia Budi Jayanti, and Klara Puspa Indrawati. 2019. “Pemetaan Budaya Di Kawasan Pedesaan: Studi Kasus Desa Giritengah, Borobudur.” Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 2(2): 562. doi:10.24912/jmstkik.v2i2.3008.
Fatmawati, Erna, Nara Setya Wiratama, Zainal Afandi, Agus Budianto, Amri Ichsa Ardhana, Program Studi, Pendidikan Sejarah, and Universitas Nusantara. 2024. “Pendampingan Pengajaran Dan Konservasi Cagar Budaya Masyarakat Desa Adan-Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.” PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 4(1): 8–17. doi:10.54259/pakmas.v4i1.2474.
Iswari, Hany Trimukti, Sumardi Sumardi, and Rosarina Giyartini. 2021. “Studi Literatur: Peta Sebagai Media Pembelajaran Keragaman Budaya Indonesia.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(2): 265–75. doi:10.17509/pedadidaktika.v8i2.35333.
Jathilan. 2019. “Fungsi Cambuk (Pecutan) Dalam Jaranan.” https://www.jaranan.web.id/2019/10/fungsi-cambuk-pecutan-dalam-jaranan.
Koniherawati, Praptomo Baryadi, ST Sunardi, and Daniel Pandapotan. 2021. “Peta Sebagai Sarana Promosi Potensi Lokal Di Dusun Perajin Gerabah Sambirata.” Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial: 2021.
Liliweri, Prof. Dr. Alo. 2019. PENGANTAR STUDI KEBUDAYAAN. Bandung: Nusa Media.
Mendyeta Wahyu Prasetya, and Tjitjik Rahaju. 2024. “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Kampung Kreatif Dan Independen.” Journal Administrasi Publuk dan Ilmu Komunikasi 11(1): 14–24. doi:10.55499/intelektual.v11i1.1148.
Riwayatiningsih, Rika, Gabriella Nawang, Wulan Putri, and Gloria Anjar. 2024. “Pelestarian Seni Pecut Guna Mewariskan Kesenian Pecut Samandiman MelaluiPertunjukan.” : 147–53.
Samongilailai, Habel Nain, and Aldrin Budi Utomo. 2024. “Strategi Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Modern.” (4).
Siregar, N A M, and R Priyatmoko. 2022. “Strategi Desa Wisata Berbasis Budaya.” Patra Widya: Seri …: 31–44. https://patrawidya.kemdikbud.go.id/index.php/patrawidya/article/view/377%0Ahttps://patrawidya.kemdikbud.go.id/index.php/patrawidya/article/download/377/203.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sulaiman, Sulaiman, Surya Damayanti Putri, and Auliyaa Siffa. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Replika Peta Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar 1(1): 8–14. doi:10.54371/jekas.v1i1.323.
Syakhrani, Abdul Wahab, and Muhammad Luthfi Kamil. 2022. “Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal.” Journal form of Culture 5(1): 1–10.
Wikipedia. 2024. “Pecut Samandiman.”

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Avrillya Ainisya, Kezya Yunias Eliata, Mila Danuarta , Muhamad Aryo Bayu Ilahi, Reyhan Haisung Aulada Abraham, Muhammad Ainul Yaqin, Erwanda Putri Amalia , Julia Auria Purnamasari , Kandhia Winggar Mahawuni , Manda Adelia Putri, Meylina Bella Devista, Ervan Efendi , Ajie Setya Hermawan , Lucky Alan Musthofa , Bambang Agus Sulistyono