Penguatan Daya Saing UMKM Melalui Digital Marketing dan Identitas Produk Tahu Pak Supeno Kelurahan Singonegaran
PDF

Keywords

Umkm
Digital Marketing
Identitas produk
Daya saing

How to Cite

Penguatan Daya Saing UMKM Melalui Digital Marketing dan Identitas Produk Tahu Pak Supeno Kelurahan Singonegaran. (2025). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 2, 914-921. https://doi.org/10.29407/prk5z336

Abstract

UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian lokal sebagai penggerak roda ekonomi masyarakat, namun daya saingnya masih menjadi tantangan, terutama di era digital yang semakin kompetitif. Digital marketing menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing produk, termasuk bagi Tahu Pak Supeno di Kelurahan Singonegaran, yang dapat memanfaatkan media sosial dan platform digital untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Pemanfaatan media digital tidak hanya membantu meningkatkan penjualan, tetapi juga memungkinkan UMKM membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen melalui interaksi yang lebih aktif. Selain itu, penguatan identitas produk juga memainkan peran krusial dalam menarik perhatian pasar, seperti melalui desain kemasan yang menarik, logo yang khas, serta konsistensi dalam branding. Dengan citra produk yang kuat, UMKM dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan bisnis. Melalui kombinasi strategi pemasaran digital yang tepat dan penguatan identitas produk yang efektif, UMKM tidak hanya dapat meningkatkan daya saingnya, tetapi juga memperluas pangsa pasar, menciptakan peluang pertumbuhan yang lebih besar, serta memberikan kontribusi yang lebih signifikan terhadap perekonomian lokal.

PDF

References

A. T. Novitasari, “Digital Media Marketing Strategies for MSMEs during the Covid-19 Pandemic,” Focus (Madison)., vol. 2, no. 2, pp. 72–80, 2021, doi: 10.37010/fcs.v2i2.348.

A. Atsar, “Sosialisasi Kegiatan Penyuluhan Umkm Mewujudkan Perekonomian Masyarakat Yang Mempunyai Potensi Dan Peran Strategis Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 5, pp. 1202–1210, 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i5.4142.

M. As’ary, P. Mugini, M. Fikri Fakhrurozi, Sugiarti, G. Febrianty Utami, and D. Retno Hapsari, “Optimalisasi Potensi Home Industry melalui Digitalisasi Marketing ( Kasus : Produksi Emping Rumahan Kampung Pagutan , Desa Sukakerta , Cianjur ) ( Optimizing the Potential of Home Industry through Digitalization Marketing ( Case : Emping Home Production i,” J. Pus. Inov. Masyarat, vol. 3, no. 1, pp. 91–101, 2021.

E. Setyowati, A. H. Mustofa, D. Yuliawan, E. N. Astuti, and H. S. G. D. Mahasti, “Optimalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pelatihan Dasar Manajemen di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo,” Sewagati, vol. 8, no. 1, pp. 1173–1181, 2023, doi: 10.12962/j26139960.v8i1.806.

N. L. Magvira, A. Hakim, D. D. Pramesti, and R. S. Ova, “Pemberdayaan UMKM Batik Labako di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember melalui Pemasaran Produk Berbasis e-commerce,” War. Pengabdi., vol. 17, no. 1, p. 80, 2023, doi: 10.19184/wrtp.v17i1.38386.

A. H. Mutiara Syipa1*, Lilis Karwati2, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Mikro ( Studi pada pelaku usaha mikro yang bergerak pada bidang kuliner ),” vol. 3, pp. 50–64, 2024, doi: 10.46843/jmp.v3i2.300.

C. Cheren and H. Haryanto, “Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM KuroKoci Meow & Woof,” J. Pengabdi. Kpd. …, pp. 485–497, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/574%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/574/431

V. R. Sidharta et al., “Pemanfaatan Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Pakelan Kota Kediri,” vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2024.

M. A. Sifwah et al., “MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Mudrika Aqillah Sifwah, vol. 2, no. 1, pp. 109–118, 2024.

J. Pengabdian, M. Sapangambei, M. Hitei, E. D. Yanti, and A. Sanny, “SOSIALISASI PENGELOLAAN SDM DI ERA DIGITAL DALAM,” vol. 4, 2024.

A. Malik, A. Y. Djaganata, N. E. Kurniawan, and Y. Oktavia, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) MARKETING STRATEGY ANALYSIS IN MICRO , SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES ( MSMEs ),” pp. 7155–7169, 2024.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Anggi Marta Wulandari, Dendy Rurianto, Nabela Putri Wulandari, Triludfiningsih Triludfiningsih, Sheila Widi Kurnia, Muhammad Nasrul Kamdani, Aulia Kalyana Puspitasari, Silvi Amakia Arwin, Seylla Antriana Devi, Bagus Amirul Mukminin