Strategi Meningkatkan Volume Penjualan Ikan Cupang di “Bastian Betta Fish” Kelurahan Ketami Kota Kediri
PDF

Keywords

Strategi pemasaran, ikan cupang, pemasaran digital, bauran pemasaran, Bastian Betta fish

How to Cite

Strategi Meningkatkan Volume Penjualan Ikan Cupang di “Bastian Betta Fish” Kelurahan Ketami Kota Kediri. (2025). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 2, 832-840. https://doi.org/10.29407/edqkv661

Abstract

Abstrak-

Bastian Betta fish, sebagai salah satu usaha budidaya dan penjualan ikan cupang di Kediri, menghadapi tantangan dalam meningkatkan volume penjualan, daya saing dan memperluas pasar. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan ikan cupang Bastian Betta Fish. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif berdasarkan konsep bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Data diperoleh melalui observasi serta wawancara dengan pemilik usaha. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan media digital, khususnya platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan TikTok sangat efektif dalam menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, penjualan offline melalui partisipasi dalam event Car Free Day (CFD) membantu meningkatkan interaksi langsung dengan calon pembeli. Harga yang kompetitif dan pemberian garansi pada benih ikan cupang juga menjadi faktor penting dalam menarik minat pelanggan. Dengan penerapan strategi pemasaran yang inovatif dan terencana, Bastian Betta mampu meningkatkan volume penjualan serta memperkuat daya saingnya di industri ikan hias.

Kata kunci: Strategi pemasaran, ikan cupang, pemasaran digital, bauran pemasaran, Bastian Betta fish.

 

PDF

References

Alam, A. S., Rustaman, M., & Firmansyah, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Budidaya Ikan Cupang Hias Di Hegarmanah Farm Ikan Hias Kabupaten Cianjur-Jawa Barat. In Journal of Sustainable Agribusiness (Vol. 1, Issue 1, pp. 14–20). https://doi.org/10.31949/jsa.v1i1.2628

Alfajry, G., Fournawati, S. M., & Alamsyah, A. (2023). Strategi Pemasaran Team Betta Concept Dalam Penjualan Ikan Hias Melalui Platform Media Sosial Tiktok. In Social Science Academic (Vol. 1, Issue 2, pp. 533–548). https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.4005

Destriana, R. (2019). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-BISNIS DALAM BUDIDAYA DAN PENJUALAN IKAN CUPANG MENGGUNAKAN METODELOGI OVERVIEW. Jurnal Teknik Informatika (JIKA), 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i1.2045

Irmayanti, I., Yunisari, U., & Suriyati, S. (2023). Pendampingan Pemasaran Melalui Marketing Mix 4p Pada Produk UMKM dalam Menarik Minat Konsumen. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 12–18.

Monika, D. A., Oktavina, N., Sugiarto, R. M., & Renfiana, L. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Pada Toko Lamalah Ghamiz. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(April), 89–106.

Mundir, A., & Rahayu, A. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Produk, Price, Place, Promotion) Dan Kualitas Pelayanan Berbasis Syariah Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Di Toko Yunika Jabon Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(1), 34–52. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i1.2949

Ningsih, D. D. S., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 693–702.

Nur, A., & Lusia, A. (2023). Pengaruh strategi marketing mix (4P) dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran pada masa pandemi COVID-19 (Studi kasus pada Geffa Production Sukoharjo). Jurnal Sinar Manajemen, 10(2), 102–115.

Rahmayanti, V., Nurhikmah, N., Fitri, N. A., Sabbar, S. D., & Farida, I. (2025). PERAN STRATEGI 4P DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN LOYALITAS PELANGGAN DI ERA DIGITAL. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 8(1), 319–329.

Ramadhan, R. P., Bela, O. L., & Prasetyo, H. D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Makaroni Kriukzz. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 277–281.

Risma Alia Agustina, Gandung Satriyono, E. T. (2024). Tampilan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Ikan Hias Cupang (Studi Kasus pada Bastyan Betta Farm Melalui Media Sosial di Desa Dander Kecamatan Pesantren Kota Kediri).pdf. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10, 839–845.

Sumde, D. I., & Tulungagung, C. (2023). STRATEGI PEMASARAN ONLINE ( DIGITAL MARKETING ) GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS CUPANG. Jurnal Economina, 2, 1653–1665.

Taram, H. S., Rahmawati, R., & Mardiah, S. (2022). Pelatihan Budidaya Ikan Hias Dan Cara Pemasarannya Di Media Sosial Untuk Menambah Pendapatan. In Al-Ihsan: Journal of Community Development in Islamic Studies (Vol. 1, Issue 1, pp. 8–13). https://doi.org/10.33558/alihsan.v1i1.4590

Zein, A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Budidaya Ikan Cupang (Betta Fish) dalam Meningkatkan Volume Penjualan.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Anisya Irianni Afifah, Bacthiar Arifin, Dika Gusviani , Devi Naeli , Elang Maulana Gymnastiar , Eriko Bayu Hermawan, Fanesha Dwianggi Pradita, Irvan Ardiansyah Prasetya, Mira Miranda, Nabela Oktavia T, Nehemia Melky Santosa , Rendy Rifky Permana, Sultanu Ahmaddiva Hernanda, Wildan Fadhil Hafis, Sigit Ratnanto