Abstract
Pada era digital yang terus berkembang, media sosial telah menjadi alat pemasaran yang efektif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pemasaran digital memungkinkan konsumen mendapatkan informasi produk dan melakukan transaksi secara daring, sementara penjual dapat memenuhi kebutuhan pembeli tanpa batasan waktu dan lokasi. Di Kelurahan Blabak, Kota Kediri, pelaku UMKM menghadapi tantangan dalam menerapkan strategi pemasaran digital akibat kurangnya pemahaman dan akses pelatihan. Menggunakan metode pendampingan yang berkelanjutan dengan alur Pendataan UMKM, Survey Objek Program Kerja, Sosialisasi UMKM, Pendampingan UMKM, Monitoring dan Evaluasi, Laporan Akhir. Hasil dari pendampingan, sehingga UMKM mampu memanfaatkan media sosial untuk membantu pertumbuhan ekonomi lokal dengan meningkatkan eksposur produk, menjangkau pasar yang lebih luas, serta menyesuaikan diri dengan perubahan perilaku konsumen dan kemajuan teknologi.
References
Dagang, K., Kelurahan, D., Octaviana, Y., Wirawan, A., Putri, K., & Wahyu, K. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Dalam Pembentukan. 182–190.
Dharmasetiawan, D., Aprilian, Y., Susanto, B. F., Maulana, R., & Widyawati, W. (2022). Mengoptimalisasikan C-Commerce Whatsapp Business Pada Pengusaha Kopra Putih (Gudang Kelapa Do’a Ibu) Tembilahan Kab. Indragiri Hilir Riau. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 82–89. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.251
Jamiati, K. N., Murdiana, V. A., Annisa, K., & ... (2022). Membangun Bisnis Online melalui Pelatihan Whatsapp Marketing pada UMKM Pelaku Bisnis Kopi Gayo Lues, Aceh. Prosiding Seminar …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14364%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/14364/7504
Kurniawan, E., Nofriadi, N., & Maharani, D. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.542
Pamungkas, M. A., Jati, A. H. A., Sholehah, A. S., Salmi, A. F. N., Azizah, A., Muna, A. N., Fivtachrudin, D. E., Ramdhani, F., Siswanto, H. M. P., Istiqomah, Fatih, M. Al, Dwiaji, S. P., Sari, S. P. M., Zulaikah, S., Hartanto, Y. G. A., & Adi, R. K. (2024). PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PROGRAM RUMAH BISNIS MANDIRI UNTUK PENGEMBANGAN UMKM DI DESA NGRINGO, KARANGANYAR. Communnity Development Journal, 5(6), 11027–11036.
Purbaratri, W., Krisnawaty Tachjar, N., & Priska D.T, L. (2024). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing Berbasis Canva. Jurnal Igakerta, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.70234/3jy8gj78
Puspita, D. A., & Hasanah, M. (2024). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Binaan BTPN Syariah Yosowilangun Digital Marketing Assistance as Promotional Media for UMKM Guided by Sharia BTPN Yosowilangun. 4(2), 115–122.
Riyanto, A. D., & Noeris, M. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Online untuk Pelaku UMKM di Cilacap. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 53. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.236
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–48.
Thalib, T. T., Trianita, E., Nafis, M. J., Nurus, M., Alfaiq, S., & Kediri, I. (2023). Pelatihan Pemasaran dan Pendampingan Legalitas Produk UMKM. Welfare: Jurnal …, 1(3), 540–544. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/678%0Ahttps://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/download/678/378

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Wulan; Lutfi, Vidiya, Karin, Naja, Widya, Dea, Dea, Dea, Mukson, Mukson, Indah, Yoga, Wawan, Salfa, Hanif, Anggi, Erinta, Poppy