Abstract
Pengabdian ini mengkaji mengenai tiga dosa besar pendidikan yang bertujuan untuk mengenalkan serta menambah wawasan peserta didik di SD Muhammadiyah Singonegaran mengenai tiga dosa besar pendidikan berserta jenis-jenisnya, dan menanamkan nilai-nilai karakter yang sejalan dengan sila Pancasila yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya sosialisasi ini, peserta didik juga dapat mengetahui cara agar tidak melakukan tiga dosa besar pendidikan. Materi disampaikan dalam bentuk sosialisasi ini dilakukan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan memanfaatkan PPT serta video edukasi tentang tiga dosa besar pendidikan guna membantu peserta didikdapat dengan mudah memahaminya. Berdasarkan hasil sosialisasi menunjukkan peningkatan pemahaman mengenai tiga dosa besar pendidikan: perundungan/bullying, kekerasan seksual, dan juga intoleransi. Sosialisasi ini diharapkan dapat menanamkan nilai karakter peserta didik. Upaya yang dilakukan mahasiswa KKN-T 2025 Universitas Nusantara PGRI Kediri yang melakukan kerjasama dengan SD Muhammadiyah Singonegaran yaitu dengan memberikan tempat khusus dan mengundang langsung pemateri dari salah satu dosen yang ada di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 65 peserta didik dari kelas 4-6 SD Muhammadiyah Singonegaran.
References
Amanda, L., Lisdayanti, S., & Hakim, M. (2024). Sosialisasi 3 Dosa Besar Pendidikan untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMPN 02 Seluma. Communnity Development Journal, 5(1), 1770–1773. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25555/17819
El Syam, R. S., & Yusuf, M. (2023). Rekognisi Moderasi Beragama Melalui Deklarasi 3 Dosa Besar Pendidikan di SMP Pelita Al-Quran Wonosobo. 3, 4.
Jamal, A. A., Yanis, M., & Ahmad. (2025). Sosialisasi Intoleransi sebagai Upaya Pencegahan Dosa Besar Pendidikan terhadap Siswa Siswi di Sekolah Dasar. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(1), 162–173. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/23851
KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.web.id/
Khandpur, G. (2025). Fat and thin sex: fetishised normal and normalised fetish. M/C Journal, 18(3).
Pohan, R. (2024). Penanaman Karakter Dalam Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan Di Sdit Fadhilah Pekanbaru. JIES (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 10–18. https://ojs.uid.ac.id/index.php/JIES/article/view/1008
Septiana. Ara, & Afifah. Leah. (2022). Upaya Sekolah dalam Menanamkan Nilai Karakter Untuk Pencegahan 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Vol.7(No.1), 1–11. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/25555/17819/82418
Siregar, R. (2015). Pengintegrasian Pendidikan Karakter. Jurnal Edukasi Kultura, 1, 133–153. http://jurnal.unimed.ic.id
Sulastri, A., & Amini, N. (2025). Sosialisasi Pencegahan 3 ( Tiga ) Dosa Besar Pendidikan di SDN 9 Tumijajar. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2, 45–52. https://journal.inovatif.co.id/index.php/jipmas/article/view/162
Suparno, P. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah Sebuah Pengantar Umum. PT Kanisius.
Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157–166. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888
Yunina, D. S., Layli, N., Nissa, F., Nuzula, F., Hamdan, M. A., Muhammad, G., Ghozali, A., Mustaqim, M., & Noviyanti, M. (2023). Sosialisasi 3 dosa besar dalam pendidikan untuk menanamkan nilai karakter peserta didik di SDN Banjar Kemuning. Jurnal BUDIMAS, 05(02), 1–8. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/10712

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Claura Margareta, Ica Fatma Debriliya, Intan Kharisma Wati, Revina Damayanti, Dahniar Widya Kharisma, Dini Sri Utami, Aisah Fadila, Hanisa Brilliana Nurfatikha, Marifatul Hasanah, Nida Salsabilla, Bagus Amirul Mukmin