Abstract
Digitalisasi pemasaran melalui media sosial menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama di Kelurahan Kaliombo yang memiliki potensi ekonomi besar. Namun, banyak pelaku UMKM masih menghadapi kendala dalam pemanfaatan platform digital. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemasaran digital bagi UMKM melalui beberapa tahap rangkaian, yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil program menunjukkan bahwa 1 UMKM (25%) sudah bisa mengelola pemasaran digital sendiri, mulai dari membuat konten, menjalankan iklan berbayar, sampai berinteraksi dengan pelanggan di media sosial dan 3 UMKM (75%) masih butuh bantuan untuk mengelola akun bisnis dan memaksimalkan pemasaran digital mereka.Meskipun masih terdapat tantangan dalam implementasi, program ini membuktikan bahwa digitalisasi pemasaran mampu membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing mereka di era digital.
References
M. Zenia Rabbil, A. Arwani, I. Permata Sari, and N. Sandora, “Strategi Pemasaran Digital Untuk UMKM Bismatik Di Era E-Commerce,” J. Manaj. Pemasar. Int., vol. 1, no. 3, pp. 124–134, 2023.
S. Maulida et al., “Diseminasi Potensi Umkm Kelurahan Kaliombo Melalui Website,” pp. 165–172, 2024.
H. Afifah et al., “Peningkatan kemampuan digitalisasi pemasaran pada umkm gula semut kelapa di banyumas untuk meningkatkan daya saing di era digital,” vol. 2, no. 4, pp. 25–33, 2024.
P. Dan and E. D. Purnamasari, “DESA LEMBAK,” 2025.
A. Andriyaningsih, E. Sumarwan, and P. Widyaningsih, “DIGITALISASI MARKETING UNTUK,” vol. 1, no. 1, pp. 39–48, 2025.
T. Yuniarti, F. Faujiyah, M. A. Rizal, and F. C. D. Bani, “Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2022, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202.
I. Salamah, R. Kusumanto, A. Rahman, M. Fadhli, E. Elmerillia, and A. Meidella, “Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Pulau Salah Nama,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 4, no. 3, pp. 275–280, 2021, doi: 10.33330/jurdimas.v4i3.1171.
U. Khaira, T. Suratno, Y. Noverina, Z. Abidin, and B. F. Hutabarat, “Pembuatan Konten dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 314–326, 2022, doi: 10.31571/gervasi.v6i2.3237.
Suparjiman et al., “Digitalisasi UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran online di Desa Sindangpanon,” BEMAS J. Bermasyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 391–398, 2024, doi: 10.37373/bemas.v4i2.810.
K. Diantoro, A. Soderi, P. Studi, and T. Informatika, “Pengembangan strategi digital marketing umkm di era digital,” vol. 4, no. 2, pp. 175–187, 2024.
M. Nurfitriya, A. Fauziyah, T. A. L. Koeswandi, I. Yusuf, and N. N. Rachmani, “Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM Kota Tasikmalaya,” Acitya Bhakti, vol. 2, no. 1, p. 57, 2022, doi: 10.32493/acb.v2i1.14618.
F. Usman, Syahran, N. Hidayat, M. Novita, and N. Tunaima, “Digitalisasi Pemasaran dan Pemberdayaan UMKM: Upaya Meningkatkan Ekonomi Desa Liagu, Sekatak, Bulungan,” vol. 5, pp. 387–398, 2024.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Putri Wulan Guretno, Lendy Syahira Lismawati Putri, Fuori Adzaniawati Andarianto, Dita Putri Cahyaning Ayu, Ghovin Suraju, Rahmad Santoso, Novita Rahma Amalia, Sintia Sri Wilujeng, Friska Elya Prameswari, Septi Novalia, Aguk Widhi Winata, Dea Rifatul Ababil, Farrendi Ananda Putra Pratama, Abel Kurnia Pasifa, Intan Nur Farida