Abstract
Minat baca yang rendah dapat diamati dari seberapa sering kunjungan masyarakat ke perpustakaan kelurahan berdasarkan dari buku tamu perpustakaan. Ini menunjukkan kurangnya peran perpustakaan kelurahan sebagai sarana atau fasilitas publik yang menyediakan sumber informasi bagi masyarakat Kelurahan Mrican, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Selain itu, kurang tertatanya buku dan koleksi serta lingkungan yang kurang terawat menjadikan perpustakaan Kelurahan Mrican sepi pengunjung. Maka dari itu perlu adanya pemberdayaan perpustakaan Kelurahan Mrican agar dapat menjadi sarana publik penyedia informasi dan pengetahuan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dari dilakukannya pemberdayaan perpustakaan Kelurahan Mrican yaitu buku dan koleksi perpustakaan menjadi tertata dan juga didata pada buku induk, pengelompokan buku sesuai nomor klasifikasi buku, dekorasi ruang baca dan perawatan halaman depan perpustakaan menjadi lingkungan perpustakaan menjadi lingkungan baca yang nyaman, serta mulai adanya kunjungan dari masyarakat dan lingkungan sekolah dasar (SD) setelah dilakukan sosialisasi terkait program-program perpustakaan.
References
Dani, A., & Mu’aimanah, U. (2024). Optimalisasi Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Pendidikan di Desa Kreo Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(1), 185–192. https://doi.org/10.54082/jamsi.1070
Gemasih F, N. M. S. T. (2022). PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN DESA OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN BENER MERIAH. Proceedings of International Conference on Islamic Studies “Islam & Sustainable Development”.
Hardiansyah, F., Budiyono, F., & Wahdian, A. (2021). Penerapan Nilai-nilai Ketuhanan Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6318–6329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1762
Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).
Saidah, K., & Damariswara, R. (2021). Development of Interactive Folklore Based on Android Oriented to Local Wisdom to Improve Reading Comprehension of Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 8(2), 276. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v8i2.7035
Setyoningsih, W. B., & Krismayani, I. (2023). Analisis Pemberdayaan Masyarakat pada Perpustakaan Desa Tumpangkrasak ‘Rumah Inspirasi’. In Jurnal Ilmu Perpustakaan (Vol. 12, Issue 1).
Sukri, M., & Wahyuni, S. (2024). Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies Perpustakaan Sebagai Jantung Pendidikan. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies.
Syafik Bahaudin, M., & Wasisto, J. (2019). PERAN PERPUSTAKAAN DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kualitatif Perpustakaan ‘Pelita’ Desa Muntang).
Wahdian, A., & Hardiansyah, F. (2023). Meningkatkan Literasi Masyarakat Melalui Pemberdayaan dan Pembentukan Perpustakaan Desa di Balai Desa Batu Putih Sumenep. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare
Walfikri Walfikri, & Zulkarnaini Zulkarnaini. (2024). Implementasi Program Perpustakaan “KEREN” di Kelurahan Air Putih Kota Pekanbaru. Eksekusi : Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(4), 14–21. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i4.1453

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Dhirta Satria Hanantha