Sosialisasi Peran Generasi Muda dalam Mencegah Penggunaan Narkoba di SMAN 6 Kediri
PDF

Keywords

Generasi Muda
Pencegahan
Narkoba

How to Cite

Sosialisasi Peran Generasi Muda dalam Mencegah Penggunaan Narkoba di SMAN 6 Kediri. (2024). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 302-307. https://doi.org/10.29407/nxhn7x48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas sosialisasi peran generasi muda dalam mencegah penggunaan narkoba di SMA Negeri 6 Kediri. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara dengan peserta untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengaruh sosialisasi terhadap pengetahuan dan perilaku siswa dalam mencegah penggunaan narkoba. Analisis data dilakukan dengan membandingkan pengetahuan sebelum dan setelah sosialisasi serta mengevaluasi tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan tersebut. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang bahaya narkoba dan strategi pencegahannya setelah mengikuti sosialisasi. Selain itu, tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan sosialisasi juga tinggi, menunjukkan antusiasme mereka dalam mengatasi masalah ini. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk terus melaksanakan kegiatan sosialisasi serupa secara berkala dan melibatkan lebih banyak pihak, termasuk orang tua dan komunitas, dalam upaya pencegahan penggunaan narkoba di kalangan generasi muda. Hal ini penting untuk memastikan pemahaman yang lebih luas tentang bahaya narkoba dan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi generasi muda untuk menjauhkan diri dari penggunaan narkoba.

PDF

References

Ash-Shiddiqy, A. R., & Mamesah, M. (2021). Pelatihan Komunikasi Asertif untuk Meningkatkan Pengetahuan Pencegahan Napza pada Siswa Sekolah Menengah Pertama YWKA II Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1044-1050.

B. Handitya, “Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia,” vol. 2, pp. 13–23, 2019.

L. Siswandi et al., “Bahaya Narkoba Terhadap Generasi Muda,” Kurnia J. Has. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.

Muhdar, Tulak, GT., Bangu, Rosmiati, Afrianty, I. (2022). Edukasi Dampak Rokok Terhadap Kesehatan Remaja Di Kabupaten Kolaka. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Volume 5 Nomor 1 Januari 2022

Nurmala, I., Muthmainnah, M., Rachmayanti, R. D., Pertiwi, E. D., & Devi, Y. P. (2021). The Intention Of Indonesian High School Students To Participate In Drug Abuse Prevention Through Peer Education Activities. İlköğretim Online, 20(1). Https://Doi.Org/10.17051/Ilkonline.2021.01.67

Romdani, A., Taufiq, Ar., Mandasari, Ae. (2021). Pemberdayaan Remaja Pengangguran Melalui Produksi Lampu Tidur Artistik Dari Limbah Batok Kelapa Kering Di Pesisir Pantai Karang Paranje Kabupaten

Silitonga, H. T. H., Wartiningsih, M., Rambung, E., & Sekarputri, C. H. (2022). Efektivitas Edukasi Pencegahan Napza Oleh Mahasiswa Kedokteran Dalam Meningkatkan Pengetahuan Generasi Muda Terkait Napza. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(7), 1966-1976.

S. M. Bunsaman and H. Krisnani, “Peran Orangtua Dalam Pencegahan Dan Penanganan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 1, p. 221, 2020, doi: 10.24198/jppm.v7i1.28132.

W. Sasongko, “NARKOBA,” Yogyakarta: Relasi Inti Media, 2017.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License