Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia Siswa Kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019

Keywords

Model kooperatif TGT
Hasil
Motivasi belajar

How to Cite

Fadilah Rahmawati, Budhi Utami, Nurul Mufitdah, & Choirul. (2018). Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia Siswa Kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019. Hayati, 6(ISBN 978-602-61371-2-8). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/article/view/334

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournamant) yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.Penelitian ini akan di lakukan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap merencanakan (planning), melakukan tindakan (action), mengamati (observation), dan melakukan refleksi (reflection).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan peningkatan jumlah skor motivasi siswa dari 38,6% menjadi 61,4%, b) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari peningkatan jumlah siswa yang mampu mencapai nilai tuntas, baik pada siklusI dan II yang mengalami kenaikan dari 26 siswa (76,5%) menjadi 32 siswa atau 85,2%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi untuk materi Animalia pada siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.

References

Hisyam Zaini, 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijogo

Suryosubroto B, 2009. Proses Belajar Mengajar Sekolah Wawasan Baru. Jakarta : Rineka Cipta

Siberman, Melvin L, 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta

Moh. Uzer Usman, 2005. Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya

http//nurholis, 2013. Kelebihan dan Kekurangan TGT (di akses pada: nurholis-home edukasi. Blogspot.com)