Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati
PDF

Keywords

Ensiklopedia
Sumber Belajar
Tumbuhan Paku

How to Cite

Ayu Renita, Eni Setyowati, Arbaul Fauziah, & Nanang Purwanto. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati. Hayati, 6(ISBN 978-602-61371-2-8). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/article/view/333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia tumbuhan paku sekaligus mengetahui tingkat validitasnya. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan dosen biodiversitas masing-masing diperoleh persentase sebesar 83% (sangat valid), 77% (valid), dan 97% (sangat valid). Hasil uji coba lapangan (pre test dan post test) dianalisis menggunakan uji-t (t-test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Sementara respon siswa terhadap efektivitas ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar diperoleh persentase sebesar 86,50%. Dengan demikian, ensiklopedia tumbuhan paku dapat diimplementasikan sebagai sumber belajar tambahan pada materi keanekaragaman hayati.

PDF

References

Ayatusa’adah dan Nor A. Dewi. 2017. Inventarisasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Kampus IAIN Palangkaraya Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Materi Klasifikasi Tumbuhan. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5 (2), 50-61.

Ebihara, A., dkk. 2012. Rare and Threatened Pteridophytes of Asia 1. An Enumeration of Narrowly Distributed Taxa. National Science, 38 (3), 93-119.

Lusiana, N., Wahyu, P., Abdulkadir R. 2015. Pemanfaatan Pteridophyta Kawasan Hutan Pacet Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1 (2), 169-176.

Nurafifah A., Budi A. S., dan Siahaan B. Z. 2017. Developing Wave Encyclopedia based on Scientific Approach. Journal of Physics. Conf. Series 895 012018.

Nuraida, D. dan Umi M. Nisa. 2017. Pengembangan Ensiklopedia Morfologi, Anatomi dan Fisiologi pada Tumbuhan Berkarakter Khusus. Proceeding Biology Education Conference, 14 (1), 503-507.

Nuurmansyah, H. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Kerajaan Hindu-Budha dan Islam Untuk Peningkatan Motivasi Belajara Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Anbaul Ulum Pakis – Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Malang, 1-138.

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Kurikulum 2013.

Ramadhani, W. P., dkk. 2015. Kegrafikan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. Semnas Fisika dan Pembelajarannya, 1-9.

Wijarini, F. dan Zulfadli. 2018. Desain Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Berbasis Potensi Lokal di Kota Tarakan. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9 (1), 11-16.

Zulkarnai, Z., A. S. Budi., I. M. Astra, dan Mujadi. 2019. Development of Work and Energy Encyclopedia Based on Science Technology and Society. Journal of Physics. Conf. Series 1185 012046.