Efektifitas Model Pembelajaran Pair Checks terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau
pdf

Keywords

Efektifitas
Hasil Belajar
Pair Checks

How to Cite

Ivoni Susanti, & Nopa Nopianti. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Pair Checks terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Hayati, 6(ISBN 978-602-61371-2-8). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/article/view/331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Metode penelitian kualitatif dan menggunakan desain pretest-postest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis menunjukan  ada pengaruh model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 40,20 dan 82,20. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 43,52 dan 61,81. Hasil tersebut menunjukan ada peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 42,00 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 18,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Checks efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau

pdf

References

Huda.2013. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Bumi Aksara.

Ridwan. 2008. Metode Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Supriyatna. 2006. Pembelajaran Taksonomi Bloom. Jakarta: Prestasi Pustaka

Suprijono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.