Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy’ari terhadap Pembelajaran Kimia Dasar berbasis Blended Learning
PDF

Keywords

Persepsi mahasiswa
Kimia dasar
Blended learning

How to Cite

Andri Wahyu Wijayadi, & Elcha Bagus Narendra Putra. (2018). Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy’ari terhadap Pembelajaran Kimia Dasar berbasis Blended Learning. Hayati, 6(ISBN 978-602-61371-2-8). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/article/view/329

Abstract

Matakuliah Kimia Dasar pada prodi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy’ari memiliki cakupan yang cukup luas. Pembelajaran berbasis blended learning merupakan salah satu metode yang akan dikembangkan untuk membelajarkan kimia dasar secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran kimia dasar berbasis blended learning. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan teknik kuesioner terhadap 37 mahasiswa dari semua angkatan prodi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy’ari yang dipilih secara acak. Hasil penelitian dianalisa menggunakan distribusi persentase menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa prodi Pendidikan IPA sangat baik terhadap pembelajaran Kimia Dasar berbasis blended learning.

PDF

References

APJII. 2018. Potret Zaman Now Pengguna & Perilaku Internet Indonesia. Buletin APJII. Edisi 23, 1-7.

Barlex, D.M. & Trebell, D. 2008. Design Without Make. Challenging the Conventional Aprroach Teaching and Learning in a Design and Technology Clasroom. International Journal of Technology and Design Education, 18, 119-138.

Fitriana, N. 2012. Penerapan Pembelajaran kimia Dengan Model Blended Learning Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Pada Mahasiswa Jurusan Kimia Di Universitas Negeri Malang. Tesis Kimia PPs UM Malang. Tidak dipublikasikan.

Dewi, C. A. 2012. Pengaruh Blended Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia IKIP Mataram Pada Materi Pemcemaran Lingkungan Tahun Akademik 2011/2012. Tesis Kimia PPs UM Malang. Tidak dipublikasikan.

Donoso, J., Ortega-Castro, J., Vilanova, B., Frau, J., & Munoz, F. 2010. A Blended Learning Project In General Chemistry For Undergraduate Levels In Chemistry And Biochemistry Degrees. Disampaikan dalam Proceedings of EDULEARN 10Conference. 5th-7th July 2010, Barcelona, Spain.

Dwiyogo, W.D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Model Rancangan Pembelajaran dan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Malang. Wineka Media.

Hasanah, R., & Anggraeni, F.D. 2016. Gambaran Persepsi Guru Terhadap Blended Learning. Psikologia, 11 (3) : 129-134.

Sutopo, H.D. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Wijayadi, A.W. 2017. Menggali Pemahaman Awal Mahasiswa Tingkat I Pada Materi Laju Reaksi Menggunakan Instrumen Two Tier. Wacana Didaktika, 5 (2) : 172-180.